5 Kelebihan Jamur Cordyceps, Digunakan sebagai Suplemen Kesehatan

Sabtu, 28 Januari 2023 - 14:40 WIB
loading...
5 Kelebihan Jamur Cordyceps, Digunakan sebagai Suplemen Kesehatan
Cordyceps adalah sejenis jamur yang mungkin memiliki khasiat bagi daya tahan tubuh dan berpotensi memberikan berbagai manfaat kesehatan. Foto/Rheal Superfoods
A A A
BEIJING - Cordyceps adalah sejenis jamur yang mungkin memiliki khasiat bagi daya tahan tubuh dan berpotensi memberikan berbagai manfaat kesehatan . Meskipun jamur cordyceps telah lama menjadi bahan pokok dalam pengobatan tradisional China, dalam beberapa tahun terakhir semakin populer.

“Secara umum, cordyceps disebut-sebut sebagai penambah energi, dan penelitian menunjukkan bahwa jamur cordyceps memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, dan antitumor,” kata Carrie Dennett, ahli nutrisi diet di Pacific Northwest dan pemilik Nutrition By Carrie dikutip dari laman health.usnews, Sabtu (28/1/2023).

Dia mengatakan, saat ini banyak orang mencari jamur cordyceps sebagai “peluru ajaib” kesehatan. Namun, dia menambahkan jamur cordyceps bisa menjadi suplemen, namun perlu diingat tidak ada suplemen yang bisa menyembuhkan semuanya. Berikut 5 kelebihan jamur cordyceps dirangkum SINDOnews dari laman healt.usnews dan webmd, Sabtu (28/1/2023).

1. Tumbuh Berlimpah di Hutan Tropis
5 Kelebihan Jamur Cordyceps, Digunakan sebagai Suplemen Kesehatan


Cordyceps adalah jamur yang hidup pada ulat tertentu di daerah pegunungan tinggi China. Cordyceps adalah genus jamur ascomycete (jamur kantung) yang mencakup sekitar 600 spesies.



Sebagian besar spesies Cordyceps adalah endoparasitoid, atau parasit pada serangga dan artropoda lainnya (jamur entomopatogen), beberapa bersifat parasit pada jamur lain. Spesies Cordyceps sangat melimpah dan beragam di hutan tropis dan beriklim lembap di Asia.

2. Ada 2 Spesies Komersial
Ada dua spesies yang umum dan tersedia secara komersial, yaitu jamur cordyceps sinensis dan cordyceps militaris. Kedua spesies tersebut telah digunakan dalam pengobatan tradisional China selama ratusan tahun.

Awalnya penggunaan jamur cordyceps untuk memulihkan ginjal dan menenangkan paru-paru. Namun, baru belakangan ini memikat komunitas ilmiah sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3581 seconds (0.1#10.140)