5 Tank Tercepat di Dunia, Leopard Jerman dan Armata Rusia Jagoannya

Sabtu, 28 Januari 2023 - 16:31 WIB
loading...
5 Tank Tercepat di Dunia, Leopard Jerman dan Armata Rusia Jagoannya
Selain lapisan baja pelindung, senjata, dan permeabilitas yang kuat, kecepatan juga menjadi indikator penting bagi tank yang andal. Foto/Wikipedia/ViewDefense/BulgarianMilitary
A A A
JAKARTA - Tank pertama muncul di medan perang pada tahun 1916 ketika Perang Dunia Pertama berkecamuk. Seiring waktu, tank mempunyai peran penting dalam medan pertempuran dan operasi darat apa pun.

Selain baju besi, senjata, dan permeabilitas yang kuat, kecepatan juga menjadi indikator penting bagi tank yang andal. Berikut 5 tank tercepat di dunia dikutip dari laman Bulgarian Military, Sabtu (28/1/2023).

1. Tank BM Oplot Ukraina
5 Tank Tercepat di Dunia, Leopard Jerman dan Armata Rusia Jagoannya


Tank tempur utama Ukraina BM Oplot didesain sesuai dengan tata letak klasik dan kompartemen kontrol yang terletak di bagian depan. Di tengah adalah kompartemen pertempuran, dan di bagian belakang terdapat kompartemen transmisi motor. Tank BM Oplot dipersenjatai meriam smoothbore 125 mm dengan kaliber 48.



Para perancang memasang mesin diesel enam silinder dengan volume 16,3 liter dan berkapasitas 1.200 tenaga kuda. Ini membuat tank BM Oplot bisa berakselerasi hingga 70 km/jam di jalan raya dan 40-45 km/jam di medan yang berat.

2. Tank K2 Black Panther Korea Selatan
5 Tank Tercepat di Dunia, Leopard Jerman dan Armata Rusia Jagoannya


Tank tempur utama K2 Black Panther dianggap sebagai kendaraan tempur generasi baru menggunakan teknologi eksklusif Korea Selatan. Tank ini dipersenjatai meriam smooth-bore 120 mm panjang 6,6 meter, dipasangkan dengan meriam 7,62 mm, dan senapan mesin antipesawat 12,7 mm di atap menara.

Tank K2 Black Panther menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.500 tenaga kuda dan dilengkapi instalasi turbin gas berkapasitas 400 tenaga kuda. Ini untuk memastikan berfungsinya generator dan catu daya peralatan listrik, jika terjadi kegagalan mesin utama. Tank dapat berakselerasi di jalan raya hingga 70 km/jam, dan 50 km jam di jalan raya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)