Spesifikasi Skybow III Rudal Anti Pesawat Taiwan, Miliki Akurasi Tinggi

Minggu, 05 Februari 2023 - 11:34 WIB
loading...
Spesifikasi Skybow III Rudal Anti Pesawat Taiwan, Miliki Akurasi Tinggi
Taiwan baru baru ini telah mengerahkan rudal Skybow III ke bagian utara pulau untuk memperkuat pertahanan udara mereka. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Taiwan baru baru ini telah mengerahkan rudal Skybow III ke bagian utara pulau untuk memperkuat pertahanan udara mereka. Sebelumnya rudal anti pesawat milik Taiwan ini sempat dipamerkan ketika China mulai berulah pada Agustus 2022 lalu dan membuat kedua negara ini bersitegang.

Dilansir dari Army Technology, Skybow III merupakan sistem rudal yang telah dikembangkan oleh National Chung-Shan Institute of Science and Technology (NCSIST).

Rudal ini dirancang untuk melawan ancaman udara jarak menengah dan jauh seperti pesawat tempur, rudal balistik jarak pendek, rudal anti radiasi, dan rudal jelajah.

Baca juga : Deretan Rudal Taiwan Ini Akan Bikin China Berpikir Ulang Lakukan Invasi

Skybow atau dalam bahasa Taiwan adalah Tien kung "TK" telah mulai dikembangkan sejak tahun 1981. Sekarang rudal tersebut telah berkembang jadi 3 varian.

Skybow I (TK I) adalah rudal pertama dalam seri ini, yang dikembangkan pada tahun 1981 dan menjalani tes dari tahun 1986. Versi keduanya, Skybow II (TK II) pertama kali diluncurkan pada Mei 2002.

Sementara Skybow III yang terbaru ini mulai diresmikan di tahun 2007 dan menjalani uji tembak pada 2008.

Sebagai rudal terbaru, TK III tentunya jauh lebih unggul dari pendahulunya baik dari segi kecepatan hingga kekuatan.

Skybow III memiliki berat sekitar 870 kg, dengan panjang 5.498 meter dan diameter 0,4 meter. Kecepatan maksimal dari rudal Taiwan ini mencapai mach 7.0 yang mampu menjangkau jarak 200 km.

Baca juga : Spesifikasi Kalibr, Rudal Jelajah Canggih Milik Rusia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2766 seconds (0.1#10.140)