TOR-M2DT, Sistem Rudal Pertahanan Udara Jarak Pendek Rusia

Senin, 06 Februari 2023 - 23:37 WIB
loading...
TOR-M2DT, Sistem Rudal Pertahanan Udara Jarak Pendek Rusia
TOR-M2DT adalah sistem rudal pertahanan udara jarak pendek buatan Rusia yang dirancang khusus digunakan di wilayah Arktik. Foto/MissileThreat/Wikimedia
A A A
MOSKOW - TOR-M2DT adalah sistem rudal pertahanan udara jarak pendek buatan Rusia yang dirancang khusus digunakan di wilayah Arktik. Stasiun peluncur rudal TOR-M2 mampu menyerang hingga 48 target yang diproses dan sepuluh target yang dilacak.

Rudal TOR-M2DT dapat menghancurkan target udara seperti pesawat terbang, helikopter, rudal jelajah, peluru kendali udara dan bom, kendaraan udara tak berawak (UAV) yang terbang pada ketinggian sedang dan rendah. Jangkauan rudal TOR-M2DT maksimum 12 km dan pada ketinggian dari 10 hingga 1.000 meter.

Sistem rudal pertahanan udara TOR-M2DT dirancang khusus untuk digunakan di wilayah Arktik berdasarkan sasis kendaraan segala medan DT-30PM. Kendaraan terdiri dari dua unit yang dihubungkan oleh mekanisme kemudi dan kendaraan kedua sebagai stasiun peluncur rudal TOR-M2.



Kendaraan pertama DT-30PM adalah platform dengan bodi disegel dan dilas yang menampung kabin awak untuk 4 - 7 orang. Kabin dilengkapi dengan sistem pemanas dan ventilasi udara otonom, pembangkit listrik, transmisi, dan kompartemen kargo yang terletak di bagian belakang kabin kru.

Stasiun peluncur rudal dipasang di atap kendaraan kedua. Dikutip dari laman armyrecognition, Senin (6/2/2023), rudal TOR-M2DT ini menggunakan teknik peluncuran dingin vertikal. Sistem ini mengeluarkan atau menembakan peluru secara vertikal dari tabung pengangkut dan peluncuran.

DT-30PM memiliki berat trotoar 31.500 kg, muatan 30.000 kg dan panjang 16,08 meter, lebar 3,10 meter, dan tinggi 3,33 meter. TOR-M2DT dikembangkan oleh JSC Izhevsk Electromechanical Plant Kupol Rusia (anak perusahaan dari Almaz-Antey Concern).
TOR-M2DT, Sistem Rudal Pertahanan Udara Jarak Pendek Rusia


Menurut Technodynamic Company, versi Arktik dari sistem rudal pertahanan udara jarak pendek TOR dapat digunakan untuk mempertahankan pangkalan militer kutub yang didirikan di Arktik Rusia dari Frantz Josef Land hingga Chukotka. TOR-M2DT dapat menembakkan rudal 9M331 dan 9M332.



TOR-M2DT dilengkapi dengan stasiun peluncur rudal TOR-M2 yang dipasang di atap kendaraan kedua kendaraan amfibi segala medan DT-30PM-T1. Sistem rudal dilengkapi dengan dua modul 9M334, masing-masing berisi empat rudal darat-ke-udara 9M331 dan 9M332 dalam empat wadah peluncuran-pengangkut.

Turret TOR-M2 juga mencakup radar pencari 360 derajat dengan jangkauan 25 km yang dipasang di bagian belakang dan radar pelacak di bagian depan. DT-30PM dirancang khusus untuk digunakan dalam kondisi iklim yang keras di wilayah Arktik.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)