Fosil Penguin Purba Ditemukan di Selandia Baru, Berukuran Raksasa Bobotnya 154 Kg

Kamis, 09 Februari 2023 - 20:29 WIB
Fosil dua spesies baru penguin purba ditemukan di dalam bongkahan batu pantai di Otago Utara, Pulau Selatan, Selandia Baru. Foto/Live Science/Bruce Museum
WELLINGTON - Fosil dua spesies baru penguin purba ditemukan di dalam bongkahan batu pantai di Otago Utara, Pulau Selatan, Selandia Baru. Salah satu spesies baru tersebut adalah penguin terbesar yang pernah ditemukan.

Para peneliti menemukan sisa-sisa fosil penguin terbesar yang pernah diketahui di Bumi, berukuran raksasa seberat 154 kilogram (Kg). Penguin ini pernah hidup di lautan sekitar Selandia Baru lebih dari 50 juta tahun yang lalu.

Fosil dari spesies yang baru ditemukan ini, adalah Kumimanu fordycei. Lima dari spesimen yang tersisa milik spesies lain yang baru ditemukan, Petradyptes stonehousei. Satu fosil lainnya milik penguin raksasa yang sudah diketahui, Kumimanu biceae, dan dua tidak teridentifikasi.

Batuan tempat ditemukan fosil itu berumur antara 59,5 juta dan 55,5 juta tahun yang lalu. Dalam sebuah penelitian, yang diterbitkan 8 Februari di Journal of Paleontology, para peneliti memperkirakan berat dua spesies yang baru ditemukan berdasarkan ukuran dan kepadatan tulang mereka dibandingkan dengan penguin modern.

Tim menemukan bahwa Petradyptes stonehousei memiliki berat sekitar 50 kilogram, sedikit di atas berat penguin kaisar (Aptenodytes forsteri) yang masih ada saat ini. Sedangkan Kumimanu fordeycei memiliki berat lebih dari tiga kali lipat, sekitar 154 Kg.

“Menurut analisis kami, Kumimanu fordycei adalah penguin terbesar yang diketahui saat ini,” kata Daniel Ksepka, ahli paleontologi dan kurator di Bruce Museum di Greenwich, Connecticut, kepada Live Science, Kamis (9/2/2023).

Sebelumnya, penguin terbesar yang tercatat adalah Palaeeudyptes klekowskii, yang hidup sekitar 37 juta tahun yang lalu di Antartika. Beratnya sekitar 116 kg dan tingginya 2 meter, sehingga dijuluki "penguin raksasa".

Penguin terbesar berikutnya, K. biceae, beratnya sekitar 121 kg dan memiliki panjang tubuh sekitar 1,8 meter. Dua spesies baru itu kemungkinan berada di antara beberapa penguin purba pertama.