Spesifikasi Panser Anoa 6x6, Ambulance Buatan Pindad yang Jadi Kendaraan Medis TNI AD

Selasa, 14 Februari 2023 - 17:43 WIB
loading...
Spesifikasi Panser Anoa 6x6, Ambulance Buatan Pindad yang Jadi Kendaraan Medis TNI AD
Panser Anoa 6x6 Ambulance merupakan salah satu dari 7 varian Armored Personnel Carrier (APC) Anoa 6x6 buatan PT Pindad. Foto DOK PT Pindad
A A A
JAKARTA - Panser Anoa 6x6 Ambulance merupakan salah satu dari 7 varian Armored Personnel Carrier (APC) Anoa 6x6 buatan PT Pindad . Fungsinya diperuntukan bagi petugas medis dalam melaksanakan tugas pembantuan di medan pertempuran.

Anoa Ambulance adalah kendaraan khusus berlapis baja yang dirancang khusus untuk mengatasi keadaan darurat dan situasi yang tidak terduga saat TNI Angkatan Darat sedang menjalankan misinya.

Sebagai kendaraan yang digunakan dalam keadaan darurat, jenis Anoa ini telah dilengkapi dengan berbagai alat medis utama seperti peralatan penambah oksigen dan juga alat pacu jantung.

Baca juga : Spesifikasi Panser Anoa 6x6 Amfibi Pindad, Pernah Dipakai Presiden Jokowi Seberangi Danau

Kendaraan ini memiliki desain yang secara spesifik mendukung untuk menjadi kendaraan darurat pertempuran. Hal ini terlihat dari bentuknya yang mirip dengan kendaraan Ambulance yang membawa tiga tandu pasien dan lima kursi petugas medis.

Dikutip dari laman resmi Pindad, untuk ukuran dari dimensi kendaraan ini adalah (PxLxT) mm : ± (6.000x2.500x2.370) dengan lambung kendaraan yang berukuran : ± 6.000x2.500x2.500 mm.

Varian Anoa Ambulance memiliki berat kosong : ± 12.500 kg dan memiliki berat total dengan muatan mencapai ± 14.500 kg. Terlihat dari perbandingannya, kendaraan ini mampu membawa muatan hingga mencapai berat 2.5 ton.

Anoa Ambulance juga termasuk kendaraan yang terbilang kencang di kelasnya. Hal ini ditandai dengan kecepatan maksimum dari kendaraan ini mampu berjalan hingga ± 80 km/jam. Sedangkan jika dalam kondisi jalanan offroad mampu berjalan hingga kecepatan maksimal ± 40 km/j.

Baca juga : Mengenal Anoa 6x6, Panser Buatan PT Pindad yang Mendunia

Kemampuan berjalan cepatnya tersebut diperoleh dari tenaga mesin yang mumpuni. Anoa Ambulance telah dibekali dengan Diesel Turbocharger Intercooler, 6 Cylinders Inline yang dapat memperoleh tenaga dengan jumlah 320 HP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0714 seconds (0.1#10.140)