Kehebatan SF-21X, Kendaraan Tempur Andalan Malaysia

Sabtu, 01 Juni 2024 - 08:50 WIB
loading...
Kehebatan SF-21X, Kendaraan Tempur Andalan Malaysia
Kendaraan segala medan SF-21X milik Malaysia. (Foto: Army Recognition)
A A A
JAKARTA - Malaysia memiliki armada baru untuk memperkuat militernya, yaitu kendaraan tempur segala medan SF-21X. Kendaraan ini ditujukan untuk misi pengintaian dan mendukung operasi militer lainnya oleh pasukan khusus.

Sesuai dengan peruntukannya, kendaraan tempur ini dilengkapi peralatan khusus patroli jarak jauh, termasuk enam paket bahan bakar tambahan untuk meningkatkan jangkauan operasional hingga 650 kilometer.

Dilansir Army Recognition, Sabtu (1/6/2024) kendaraan segala medan SF-21X diproduksi oleh Cendana. Kendaraan ini ditenagai oleh mesin 2.755 cc yang digabungkan dengan gearbox otomatis enam kecepatan. Dari sisi dimensi, SF-21X memiliki panjang 4,75 meter dan lebar 2,05 meter, dengan berat hampir empat ton. Kapasitas angkutnya mampu membawa enam prajurit beserta perlengkapannya.



Fitur utama dari SF-21X termasuk derek depan dan pemotong kabel, bersama dengan dudukan di kap mesin untuk peralatan seperti sekop dan kapak. Kursi pengemudi berada di sisi kanan, mengikuti model Inggris, dan dilindungi oleh kaca depan. Kursi pendamping di sebelah pengemudi memungkinkan pengoperasian salah satu dari tiga senapan mesin yang terpasang di kendaraan.



Selain itu, SF-21X dilengkapi dengan empat dudukan tripel untuk meluncurkan proyektil dan granat. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan struktur tubular yang kuat yang menutupi sebagian besar area pengangkut, dengan dukungan untuk senjata utama yang dapat diarahkan 360 derajat, dan dua senapan mesin pendukung. Satu di belakang untuk co-pilot dan satu lagi untuk menutupi bagian belakang.

Dalam hal performa, SF-21X dapat menangani tanjakan longitudinal 70 persen dan tanjakan lateral 35 persen. Ia juga dapat menerjang air hingga kedalaman 75 sentimeter, sehingga memenuhi persyaratan operasi khusus yang berat.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4282 seconds (0.1#10.140)
pixels