Profil Valentina Tereshkova, Wanita Pertama yang Melakukan Perjalanan ke Luar Angkasa

Rabu, 15 Februari 2023 - 15:40 WIB
loading...
Profil Valentina Tereshkova, Wanita Pertama yang Melakukan Perjalanan ke Luar Angkasa
Sosok Valentina Tereshkova mungkin jarang diketahui masyarakat umum. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Valentina Tereshkova mungkin jarang diketahui masyarakat umum. Padahal, dia menjadi pencetak sejarah sebagai wanita pertama yang terbang ke luar angkasa .

Mengutip laman Space, Rabu (15/2/2023), pada tahun 1963 Valentina menghabiskan sekitar tiga hari di luar angkasa, serta mengorbit bumi 48x dalam kapsul luar angkasanya yang bernama Vostok 6.

Dalam riwayatnya, wanita bernama asli Valentina Vladimirovna ‘Valya’ Tereshkova ini lahir di Maslennikovo, Rusia pada 6 Maret 1937. Dia sempat meninggalkan pendidikan saat berusia 16 tahun dan memilih bekerja di pabrik tekstil. Namun, pada akhirnya dia melanjutkannya melalui kursus korespondensi.

Baca juga : Ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Digantikan dengan Alien?

Setelah penerbangan luar angkasa bersejarah dari Yuri Gagarin, dilakukan pemilihan peserta pelatihan kosmonot wanita oleh pemerintah Uni Soviet. Usut punya usut, hal ini dilakukan agar nantinya wanita pertama di luar angkasa adalah warga Soviet.

Pada akhirnya, terpilih sekitar lima pelamar di tahun 1962, termasuk di antaranya adalah Valentina Tereshkova. Kelompok ini menghabiskan beberapa bulan untuk pelatihan dengan berbagai aspek yang diajarkan.

Awalnya, misi bersama hendak dilakukan dengan membawa awak wanita pada penerbangan Vostok 5 antara bulan Maret atau April 1963.

Namun, rencana berubah karena Vostok 5 membawa kosmonot pria bernama Valeri Bykovsky. Sementara, Valentina sendiri akan mengikuti misi Vostok 6 di bulan Juni.

Baca juga : Ini 7 Hewan yang Pernah ke Luar Angkasa Sepanjang Sejarah

Pada 16 Juni 1963, Valentina bersama cadangannya yang bernama Solovyova menggunakan pakaian antariksa. Setelah melakukan berbagai pemeriksaan dan persiapan, Vostok 6 lepas landas tanpa kesalahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)