Spesifikasi Pesawat Susi Air yang Dibakar KKB di Papua

Kamis, 16 Februari 2023 - 17:26 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat Susi Air yang Dibakar KKB di Papua
Berita pembakaran pesawat Susi Air yang terjadi pada 7 februari 2023 di Landasan Terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan ini memang masih jadi sorotan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Berita pembakaran pesawat Susi Air yang terjadi pada 7 februari 2023 di Landasan Terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan ini memang masih jadi sorotan. Pembakaran pesawat ini diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) .

Setelah dilakukannya olah TKP oleh Penyidik Ditreskrimum Polda Papua dan Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz, tim penyidik tidak dapat menemukan gangguan berarti, termasuk dari teroris KKB.

Diketahui bahwa pesawat Susi Air yang dibakar tersebut merupakan jenis Pilatus PC-6 Porter, yang merupakan pesawat desain lama legendaris.

Baca juga : Pesawat Susi Air Terbakar di Papua, Kemenhub Cek Penyebabnya

Dilansir dari Flugzeug info, Pilatus PC-6 Porter / Turbo-Porter adalah pesawat utilitas STOL bermesin tunggal yang diproduksi oleh pabrikan Swiss Pilatus Aircraft ltd.

Pesawat ini melakukan penerbangan pertamanya di tahun 1959 silam. Sampai saat ini setidaknya terdapat sekitar 523 pesawat yang telah diproduksi.

Pesawat yang ditenagai oleh mesin piston dan termasuk dalam varian Turboprop ini juga diproduksi oleh Fairchild dari USA.

Pesawat Susi Air yang berukuran kecil ini hanya mampu menampung satu awak dan 10 penumpang saja. Dengan desain klasik di bagian eksterior membuat pesawat tua ini terlihat elegan.

Kecepatan dari pesawat ini mampu mencapai 280 km/jam dan mampu terbang setinggi 28.000 kaki atau sekitar 8.534 meter dari permukaan.

Untuk jangkauannya, pesawat ini mampu menempuh perjalanan sepanjang 1050 km dalam keadaan bahan bakar terisi penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2643 seconds (0.1#10.140)