Membawa Petaka, lmuwan Berniat Teliti Kembali Mumi Putri Duyung

Jum'at, 17 Februari 2023 - 20:23 WIB
loading...
Membawa Petaka, lmuwan Berniat Teliti Kembali Mumi Putri Duyung
Makhluk misterius berukuran 12 inci (sekitar 30,4 centimeter) itu diduga ditangkap di Samudra Pasifik, di lepas Pulau Shikoku, Jepang, antara tahun 1736 dan 1741 foto/ UNILAD
A A A
TOKYO - Sekelompok ilmuwan Jepang berniat untuk meneliti mumi berusia 300 tahun dalam bentuk putri duyung yang sangat disakralkan oleh sebagian orang.



Makhluk misterius berukuran 12 inci (sekitar 30,4 centimeter) itu diduga ditangkap di Samudra Pasifik, di lepas Pulau Shikoku, Jepang, antara tahun 1736 dan 1741. Tapi sekarang, mumi tersebut berada di sebuah kuil di kota Asakuchi.

Seperti dilansir dari Unilad, mumi itu ditemukan tersimpan di dalam sebuah kotak bersama dengan sebuah surat yang mengklaim bahwa mumi itu telah ditangkap di jaring ikan di Samudra Pasifik.

Laporan lebih lanjut mengatakan jasad putri duyung yang mengering itu disimpan oleh sebuah keluarga dan kemudian diteruskan ke yang lain sebelum akhirnya diambil oleh sebuah kuil.

Mumi itu memiliki gigi runcing, wajah meringis, dua tangan, dan rambut di kepala dan alisnya. Singkatnya, penampilannya menakutkan. Karena seperti manusia di bagian atas, tetapi di bagian bawah memiliki ciri-ciri ikan. Bagian bawah tubuhnya memiliki sisik dan ujung runcing seperti ekor.

Untuk mengungkap rahasianya, para peneliti dari Universitas Sains dan Seni Kurashiki kini telah mengambil mumi itu untuk pemindaian CT.

"Putri duyung Jepang memiliki legenda keabadian. Dikatakan bahwa jika Anda memakan daging putri duyung, Anda tidak akan pernah mati. Ada legenda di banyak bagian Jepang bahwa seorang wanita secara tidak sengaja memakan daging putri duyung dan hidup selama 800 tahun," kata Hiroshi Kinoshita dari komunitas kisah rakyat dan legenda, Okayama Folklore Society, yang menggagas proyek tersebut.

"Legenda ‘Yao-Bikuni’ ini juga dilestarikan di dekat kuil tempat mumi putri duyung ditemukan," tambahnya. "Ada juga legenda bahwa putri duyung memunculkan penyakit menular," katanya.

Surat yang disimpan di samping mumi merinci cerita tentang asalnya. "Seekor putri duyung terperangkap dalam jaring penangkap ikan di laut lepas Prefektur Kochi.” demikian isi surat itu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)