Pindah Museum, Mesir Gelar Pawai Ekstravagansa Mumi Firaun

Minggu, 04 April 2021 - 10:32 WIB
loading...
Pindah Museum, Mesir Gelar Pawai Ekstravagansa Mumi Firaun
Mesir mengadakan acara pawai khusus dalam memindahkan mumi Firaun dan ratu-ratu Mesir ke museum baru. Foto/CNN
A A A
MESIR - Mesir membuat acara super eksotis bertajuk The Pharaoh's Golden Parade, baru-baru ini. Acara itu berupa arak-arakan atau parade mumi kuno yang sebelumnya dikoleksi oleh Egyptian Museum yang ada di Tahrir Square, Mesir. Arak-arakan itu digelar sebagai acara pemindahan seluruh mumi yang ada di Egyptian Museum menuju lokasi museum baru yakni National Museum of Egyptian Civilization (NMEC) di al-Fustat, Mesir.



Total ada 22 mumi yang diarak termasuk mumi dari Ramses the Great. Di antara mumi tersebut adalah mumi dari para raja mesir atau firaun (pharaoh) yang terkenal seperti Ramses II, Seti I, Seqenenre dan Tuthmosis III. Sementara empat mumi ratu terkenal Mesir juga ikut dipindahkan seperti Ahmose-Nefertari, Tiye, Meritamun dan Hatshepsut.


Pindah Museum, Mesir Gelar Pawai Ekstravagansa Mumi Firaun


Acara itu sendiri digagas oleh Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities. "Acara yang agung ini adalah bukti dari kebesaran masyarakat Mesir. Sebuah kebudayaan yanng besar dan unik yang mencerminkan kedalaman sejarah," tulis Presiden Mesir, Abdel-Fattah El-Sisi melalui akun twitter resmi miliknya.



"Saya undang seluruh masyarakat Mesir dan masyarakat dunia untuk mengikuti acara yang tak tertandingi ini sehingga semangat leluhur yang ingin melestarikan tanah air dan peradaban yang agung bangkit kembali. Serta menjaga apa yang telah dilakukan Mesir sejak dulu yakni pembangunan dan kemanusiaan," jelas El-Sisi lagi.

Acara arak-arakan sendiri berlangsung meriah. Selain memindahkan 22 mumi kerajaan mesir sebanyak 17 sarkofagus juga ikut dipuindahkan. Sehingga rangkaian arak-arakan sangat panjang dan memenuhi jalan.

Pemerintah Mesir bahkan memindahkan seluruh mumi dan sarkofagus dengan menggunakan mobil militer yang dimodifikasi khusus dengan warna emas yang sangat dominan. Selain itu puluhan penari dikerahkan untuk mengarak langsung seluruh mumi dan sarkofagus. Mereka tampil eksotis dengan dandanan khas Cleopatra.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2528 seconds (0.1#10.140)