Ilmu Batara Karang Jenglot yang Tak Pernah Terkuak dalam Teori Sains

Minggu, 19 Februari 2023 - 10:40 WIB
loading...
A A A
Hasil rontgent menampilkan bentuk struktur menyerupai penyangga dari kepala hingga badan. Selain itu terlihat juga jaringan kuku dan empat gigi selebihnya tak ada.

Guna mendapat hasil lebih mendetail, maka jenglot diteliti dengan CT Scan. Ternyata jenglot tidak memiliki struktur seperti manusia kendati penampakan luar menyerupai manusia.

Dokter Djaja Surya Atmaja, PhD, dari Universitas Indonesia juga melakukan penyelidikan terhadap jenglot. Berdasarkan hasil pemeriksaanya menunjukkan bahwa contoh kulit jenglot yang diperiksa memiliki karakteristik sebagai DNA (deoxyribosenucleic acid) manusia.

Namun Djaja menolak anggapan seolah dia mengakui jenglot sebagai manusia. Karena bisa saja penyelidikannya meleset karena sampelnya terkontaminasi.

Misalnya, kulit jenglot sebelumnya terkena olesan darah manusia. Sementara seorang paranormal dari Semarang, menyatakan jenglot berasal dari petir yang dipegang oleh wali Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel dan Sunan Giri.

Ketiga wali itu menganggap petir kurang ajar karena menyambar-nyambar saat mereka berjalan. Petir itu kemudian ditangkap dan disumpah. Secara fisik dia menjadi jenglot berbentuk manusia, tapi sebenarnya jengkot itu makhluk halus sejenis jin.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)