Mengenal Jet Tempur Eksperimental MiG 1.44 Flatpack, Punya Spesifikasi Segahar F-22 Raptor

Senin, 20 Februari 2023 - 17:32 WIB
loading...
Mengenal Jet Tempur Eksperimental MiG 1.44 Flatpack, Punya Spesifikasi Segahar F-22 Raptor
MiG 1.44 merupakan jet tempur eksperimental generasi kelima yang dibuat pada era Uni Soviet sebagai respons atas kehadiran F-22 Raptor AS. Foto/19fourtyfive/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Jet tempur MiG 1.44 Flatpack dibuat oleh Biro Desain Mikoyan dalam program pesawat tempur multifungsi atau Multifunctional Fighter Programme (MFI) pada akhir tahun 1990-an. MiG 1.44 merupakan jet tempur eksperimental generasi kelima yang dibuat sebagai respons atas kehadiran F-22 Raptor AS .

MiG 1.44 Flatpack dirancang memiliki kemampuan supermanoeuvrability, supersonic non-afterburner cruise, stealthiness, presisi yang lebih tinggi terhadap target darat dan udara. Jet tempur MiG 1.44 yang merupakan rancangan pesawat tempur siluman pertama Rusia ini melakukan penerbangan perdana pada tahun 2000.

Dibangun dalam lima prototipe, yang pertama adalah MiG 1.44 asli, sedangkan dua lainnya merupakan versi prototipe yang ditingkatkan dari pesawat tempur tersebut. Dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (20/2/2023), Rusia mengatakan bahwa pesawat ini dirancang untuk melakukan semua yang bisa dilakukan F-22 Raptor.



Meskipun di atas kertas jet tempur MiG 1.44 Flatpack dinilai memiliki kemampuan siluman dan dapat manuver gesit. Soal kehebatan manuver sulit dibantah, namun kemampuan siluman masih diragukan dan dinilai tak sebanding dengan F-22 Raptor.

Setidaknya ada dua alasan yang meragukan kemampuan siluman jet tempur MiG 1.44 Flatpack, yaitu desain sayap dan penempatan senjata. Penggunaan sayap delta dan canards (paruh bebek) di bawah kokpit secara umum tidak cocok untuk desain siluman.

Canards memainkan peran penting dalam manuver, namun keberadaannya di bawah kokpit menambah penampang badan pesawat yang dapat memantulkan sinyal radar. Ditambah dengan penempatan beberapa pod rudal di sayap MiG 1.44 Flatpack, tidak cocok dengan karakteristik pesawat siluman.
Mengenal Jet Tempur Eksperimental MiG 1.44 Flatpack, Punya Spesifikasi Segahar F-22 Raptor


Sebagai contah jet tempur F-22 Raptor tidak menggunakan pot rudal di bawah sayapnya. Semua persenjataan canggih yang dimiliki disimpan di bawah perut bagian dalam pesawat.



Setelah menjalani uji terbang pada tahun 2000, Kremlin tidak melanjutkan pengembangan jet tempur MiG 1.44 Flatpack. Apalagi dalam penerbangan perdana itu ditemukan sejumlah kekurangan kinerja dan masalah teknik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2839 seconds (0.1#10.140)