Perusahaan Jepang Tawarkan Wisata Luar Angkasa dengan Balon Udara

Kamis, 23 Februari 2023 - 19:20 WIB
loading...
Perusahaan Jepang Tawarkan Wisata Luar Angkasa dengan Balon Udara
Perusahaan asal Jepang Iwaya Giken menawarkan wisata ke luar angkasa dengan menggunakan balon helium. Foto/Asahi Shimbun/Daily Mail
A A A
TOKYO - Perusahaan asal Jepang Iwaya Giken menawarkan wisata ke luar angkasa dengan cara menarik menggunakan balon helium. Balon udara ini akan membawa wisatawan mencapai stratosfer dalam waktu 2 jam.

CEO Iwaya Giken, Keisuke Iwaya mengatakan, ide penggunaan balon helium sebagai sarana wisata ke luar angkasa untuk memangkas biaya yang mahal jika menggunakan pesawat luar angkasa. “Idenya adalah membuat wisata antariksa untuk semua orang,” katanya dalam konferensi pers di Tokyo dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Kamis (23/2/2023).

Balon helium mampu membawa dua penumpang dalam kabin khusus untuk mencapai lapisan kedua atmosfer, atau stratosfer. Kabin plastik kedap udara berbentuk drum berukuran lebar sekitar 1,5 meter, yang dipasang atau digantung pada balon helium selebar 44 meter.



Balon helium akan lepas landas dari pelabuhan di Hokkaido, Jepang, dan menempuh perjalanan selama 2 jam menuju stratosfer. Dua penumpang dalam kabin dapat memandang Bumi di bawah atau luar angkasa yang indah, melalui jendela di bagian depan dan belakang kabinnya.
Perusahaan Jepang Tawarkan Wisata Luar Angkasa dengan Balon Udara


Balon udara akan terbang di angkasa pada ketinggian maksimum 25 km selama satu jam, sebelum kembali ke Bumi. Posisi ini lebih tinggi dari jalur penerbangan pesawat jet dan memiliki pemandangan ke luar angkasa.

Iwaya mengatakan, untuk berwisata ke luar angkasa dengan balon helium bisa dilakukan siapa saja, tanpa perlu menjadi miliarder. Bahkan wisatawan tidak perlu menjalani pelatihan intensif atau memiliki keterampilan bahasa yang diperlukan untuk terbang menggunakan pesawat ruang angkasa lain.

“Ini adalah sesuatu yang diimpikan banyak orang, dan sekarang perjalanan ke luar angkasa dapat dilakukan siapa saja. Anda hanya perlu membayar sekitar USD180.000 (Rp2,7 miliar),” katanya.



Iwaya menjelaskan bahwa perusahaannya telah mengerjakan balon wisata luar angkasa ini lebih dari satu decade. Dia mengatakan, balon helium yang dapat digunakan kembali ini aman, ekonomis, dan lembut untuk manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)