4 Astronot SpaceX Crew-5 Tiba di ISS, Bertugas Selama 5 Bulan

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:30 WIB
loading...
4 Astronot SpaceX Crew-5 Tiba di ISS, Bertugas Selama 5 Bulan
4 astronot Misi Crew-5 tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 6 Oktober 2022. Foto/NASA/SpaceX
A A A
CAPE CANAVERAL - 4 astronot Misi Crew-5 tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 6 Oktober 2022. Keempat astronot tiba setelah kapsul Dragon Endurance yang membawa mereka menempuh perjalanan sejauh 29 jam di orbit.

Endurance melakukan kontak dengan port depan modul Harmony Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada pukul 17:01. Lubang palka antara Endurance dan ISS dibuka sekitar pukul 18:45.

Kemudian, keempat astronot Crew-5 melayang di atas lab yang mengorbit sekitar 10 menit. Mereka disambut tujuh awak yang sudah berada di ISS, empat di antaranya adalah anggota misi Crew-4 SpaceX.

Keempat astronot Crew-5, adalah Nicole Mann dan Josh Cassada dari NASA, Koichi Wakata dari Jepang dan kosmonot Rusia Anna Kikina. Mereka akan tinggal di ISS selama lima bulan.



Mann dan Kikina mendapat kehormatan menorehkan catatan pribadi untuk misi ini. Mann adalah wanita asli Amerika pertama di luar angkasa, dan Kikina adalah kosmonot pertama yang terbang dengan SpaceX Dragon.
4 Astronot SpaceX Crew-5 Tiba di ISS, Bertugas Selama 5 Bulan


Keduanya adalah astronot pemula luar angkasa, seperti halnya Cassada. Berbeda dengan Wakata yang sudah mencatatkan lima kali ke luar angkasa. Keempat astronot Misi Crew-5 diluncurkan dengan roket Falcon 9 dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida pada 5 Oktober 2022. Kapsul Endurance

Kedatangan Misi Crew-5 memulai hitungan mundur untuk keberangkatan Crew-4 dari ISS Kembali ke Bumi. Kapan waktu yang tepat untuk Crew-4 kembali ke Bumi bergantung pada kondisi cuaca di lepas pantai Florida.

“Jadi, kami akan terus memantau cuaca. Kendaraan yang mendukung misi Crew-4 dalam keadaan sehat, dan kami hanya akan melihat kondisi itu untuk membawa pulang kru dengan selamat,” kata Sarah Walker, Direktur Manajemen Misi Dragon di SpaceX dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Jumat (7/10/2022).



Untuk kapsul Dragon Endurance, sebelumnya juga pernah mengangkut misi Crew-3 SpaceX ke ISS dan Kembali ke Bumi. SpaceX sudah mengoperasikan empat armada kapsul untuk Crew Dragon, yang diperbaharui dan diuji sebelum setiap reflight (penerbangan selanjutnya).
4 Astronot SpaceX Crew-5 Tiba di ISS, Bertugas Selama 5 Bulan


Pengujian berupa Ketahanan terbang dengan kombinasi komponen baru, termasuk pelindung panas baru, parasut, dan kerucut hidung. Namun, untuk Crew-5, SpaceX menggunakan roket Falcon 9 tahap pertama yang benar-benar baru.

Booster, dicat dengan logo worm NASA, berwarna putih cerah, bebas dari jelaga sudah jadi pemandangan biasa pada roket tahap pertama SpaceX. “Kami senang mendapatkan booster baru,” kata Steve Stich, manajer program kru komersial NASA.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)