Penuh Teka-teki, Ilmuwan Temukan Pintu Rahasia Firaun di Piramida Giza

Jum'at, 03 Maret 2023 - 16:37 WIB
loading...
Penuh Teka-teki, Ilmuwan Temukan Pintu Rahasia Firaun di Piramida Giza
Pintu rahasia Piramida Giza ditemukan arkeolog. FOTO/ BBC
A A A
JAKARTA - Ilmuan temukan pintu rahasia Piramida Giza sepanjang sembilan meter (30 kaki) di dekat pintu masuk utama. Penemuan ini tentunya akan menjadi penghubung terhadap penemuan penting lainnya.



Penemuan ini dilakukan di bawah proyek Pindai Piramida yang sejak 2015 telah menggunakan teknologi non-invasif termasuk termografi inframerah, simulasi 3D, dan pencitraan sinar kosmik untuk mengintip ke struktur dalam.

Pejabat barang antik Mesir pada Kamis (2/3/2023) mengatakan bahwa penemuan pintu rahasia Piramida Agung Giza yang berusia 4.500 tahun itu dapat mengarah pada penemuan lebih lanjut.

Piramida Agung dibangun sebagai makam monumental sekitar tahun 2560 SM pada masa pemerintahan Firaun Khufu, atau Cheops.

''Koridor yang belum selesai kemungkinan dibuat untuk mendistribusikan kembali berat piramida di sekitar pintu masuk utama yang sekarang digunakan oleh wisatawan, hampir tujuh meter jauhnya, atau di sekitar ruang atau ruang lain yang belum ditemukan,'' kata Mostafa Waziri, kepala Dewan Tertinggi Purbakala Mesir. seperti dilansir dari Reuters, Jumat (3/3/2023).

“Kami akan melanjutkan pemindaian kami sehingga kami akan melihat apa yang bisa kami lakukan untuk mencari tahu apa yang bisa kami temukan di bawahnya, atau di ujung koridor ini,” katanya kepada wartawan setelah konferensi pers di depan piramida.

Tak hanya itu para ahli tengah menyelidiki Dua Piramida Sphinx peninggalan Mesir Kuno yang tidak banyak diketahui bisa menunjukkan kemungkinan pintu tersembunyi di bawah Sphinx Agung.

Misteri yang telah mengelilingi struktur Sphink selama bertahun-tahun, dan membuat sejarawan berdebat siapa yang membangunnya, kapan dibangun, dan bahkan apakah ada terowongan rahasia di bawahnya.

Dan Matt Sibson, seorang ahli sejarah dan peradaban kuno, percaya dua peninggalan mungkin sangat penting dalam menentukan apa yang ada di bawah struktur.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)