Kehadiran Awak Crew-6 SpaceX Bikin Stasiun Luar Angkasa Internasional Dijejali 11 Astronot

Sabtu, 04 Maret 2023 - 08:50 WIB
loading...
Kehadiran Awak Crew-6 SpaceX Bikin Stasiun Luar Angkasa Internasional Dijejali 11 Astronot
Empat anggota kru baru dari Crew-6 SpaceX menggenakan pakaian terusan biru berpose di tengah bersama tujuh astronot lainnya dari Crew-5 SpaceX dan Soyuz MS-22. Foto/NASA/Space
A A A
FLORIDA - Misi Crew-6 SpaceX yang membawa 4 astronot tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Jumat 3 Maret 2023 pagi. Tambahan 4 astronot membuat penghuni Stasiun Luar Angkasa Internasional total berjumlah 11 astronot.

Kapsul Dragon Crew-6 SpaceX, bernama Endeavour, berlabuh pada modul Harmony ISS tepat pukul 06.40 GMT. Pertemuan kedua dua pesawat ruang angkasa terjadi pada ketinggian 420 kilometer tepat di atas lepas pantai Somalia.

“Setelah perjalanan memutar singkat yang indah, selamat datang di Stasiun Luar Angkasa Internasional!” kata David Hwang dari SpaceX memberi tahu astronot Crew-6 dari kontrol misi tepat setelah docking terjadi. “Kami senang berada di sini,” jawab komandan Crew-6 Stephen Bowen, dikutip dari laman Space, Sabtu (4/3/2023).



Kehadiran empat astronot misi Crew-6 SpaceX disambut kuartet Crew-5 SpaceX, yang tiba di ISS pada awal Oktober 2022. Mereka adalah Josh Cassada dan Nicole Mann dari NASA, Koichi Wakata dari Jepang dan kosmonot Anna Kikina.

Kehadiran Crew-6 SpaceX juga disambut tiga kru misi Soyuz MS-22, yaitu Frank Rubio dari NASA dan kosmonot Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin. Mereka sudah berada di ISS pada bulan September 2022 dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia.

Empat anggota kru baru dari Crew-6 SpaceX menggenakan pakaian terusan biru berpose di tengah bersama tujuh astronot lainnya dari Crew-5 SpaceX dan Soyuz MS-22. Empat astronot Crew-6 SpaceX, adalah astronot Uni Emirat Arab Sultan Alneyadi, Steven Bowen dari NASA, kosmonot Roscosmos Andrey Fedyaev, dan Woody Hoburg dari NASA.
Kehadiran Awak Crew-6 SpaceX Bikin Stasiun Luar Angkasa Internasional Dijejali 11 Astronot


Setelah kehadiran empat astronot misi Crew-6 SpaceX, maka empat astronot misi Crew-5 SpaceX segera kembali ke Bumi. Sesuai jadwal, misi Crew-5 SpaceX kembali ke Bumi 5 hari setelah kedatangan misi Crew-6 SpaceX.



Sedangkan tiga kru misi Soyuz MS-22 masih berada di ISS setelah pesawat luar angkasa yang mereka gunakan mengalami kebocoran sistem pendingin pada pertengah Desember 2022. Setelah kedatangan pesawat luar angkasa Soyuz MS-23 sebagai pengganti Soyuz MS-22 yang bocor, kepulangan tiga astronot dijadwalkan pada September 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)