Jepang Menemukan 7.000 Lebih Pulau Baru

Minggu, 05 Maret 2023 - 17:10 WIB
loading...
Jepang Menemukan 7.000 Lebih Pulau Baru
7.000 pulau baru ditemukan di Jepang. FOTO/ DOK JAPAN TIMES
A A A
TOKYO - Jepang menemukan lebih dari 7.000 pulau yang tidak pernah diketahui keberadaannya di negara tersebut melalui latihan pemetaan baru-baru ini.



Pemetaan digital oleh Otoritas Informasi Geospasial Jepang (GSI) menemukan bahwa ada 14.125 pulau di wilayah Jepang, lebih dari dua kali lipat angka 6.852 yang secara resmi digunakan sejak 1987 oleh Penjaga Pantai Jepang.

GSI menekankan bahwa angka baru tersebut mencerminkan kemajuan dalam teknologi survei dan detail peta yang digunakan untuk perhitungan tetapi tidak mengubah total luas tanah yang dimiliki Jepang.

Meski belum ada kesepakatan internasional tentang cara menghitung pulau, GSI menggunakan kriteria ukuran yang sama dengan survei sebelumnya 35 tahun lalu.

Metode tersebut melibatkan perhitungan semua luas lahan alami dengan keliling minimal 100 meter.

Menurut Japan Times, angka terbaru itu belum termasuk jumlah pulau buatan yang telah dibangun.

Pulau-pulau di sekitar Jepang sebelumnya telah menjadi pusat dari beberapa sengketa teritorial.

Jepang mengklaim Kepulauan Kuril dikendalikan oleh Rusia dan perselisihan tersebut berawal dari akhir Perang Dunia Kedua setelah tentara Soviet berhasil merebut daerah tersebut.

Jepang juga mengklaim memiliki klaim historis atas Kepulauan Senkaku yang tidak berpenghuni di Laut China Timur, tetapi China telah berulang kali menantang klaim tersebut.

Negara matahari terbit itu juga terkunci dalam perselisihan lebih dari 70 tahun dengan Korea Selatan atas kedaulatan kelompok pulau yang dikenal sebagai Dokdo oleh Seoul dan Takeshima oleh Tokyo di Laut Timur.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)