4 Keunikan Flora dan Fauna di Gunung Merapi yang Penuh Misteri

Senin, 13 Maret 2023 - 13:19 WIB
loading...
4 Keunikan Flora dan Fauna di Gunung Merapi yang Penuh Misteri
4 Keunikan Flora dan Fauna di Gunung Merapi . FOTO/ NBC
A A A
MAGELANG - Keunikkan Flora dan fauna di Gunung Merapi menarik untuk ditelisik. Pasalnnya gunung berapi memiliki ragam jenis flora dan fauna yang bernaung di dalamnya.



Hutan yang ada di gunung berapi ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Meski dikenal sebagai gunung berapi aktif dan kerap menghadirkan aktivitas vulkanik yang berbahaya bagi kelangsungan hidup sekitarnya, namun hutan di gunung tersebut masih menjadi penopang kehidupan banyak flora dan fauna di dalamnya.

Keunikan yang terdapat di Gunung Merapi membuat pemerintah turun tangan dan mendukung upaya pelestarian. Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Komisi IV DPR RI mendukung upaya pelestarian flora di TNGM pada 2021 lalu.

Taman Nasional Gunung Merapi ini punya luas sekitar 6.410 hektar dengan kondisi iklim yang agak lembab dan memiliki jenis tanah endapan vulkanik.

Berikut ini beberapa keunikan flora dan fauna yang dimiliki Gunung Merapi :

1. Banyak Spesies Burung

Diketahui bahwa TNGM memiliki banyak spesies fauna yang kebanyakan diantaranya adalah burung. Terdapat sekitar 97 spesies burung yang dapat ditemukan di Gunung Merapi.

Menurut jurnal "Potensi Fauna Burung Sebagai Daya Tarik Wisata Birdwatching di Hutan Taman Nasional Gunung Merapi", ditemukan sekitar lebih dari 46 spesies burung menempati hutan SM Sermo Kulon Progo dan obyek-obyek wisata di sekitarnya. Sementara, 69 spesies burung tercatat menempati hutan Bukit Turgo dan Plawangan di TNG Merapi DIY.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)