Timbunan Harta Karun Denmark, Ditemukan Liontin Emas Dewa Odin

Senin, 13 Maret 2023 - 14:25 WIB
loading...
Timbunan Harta Karun Denmark, Ditemukan Liontin Emas Dewa Odin
Liontin emas dari abad ke-5 masehi ini merupakan prasasti tertua yang diketahui menyebutkan dan menampilkan gambar dewa Norse Odin. Foto/Conservation Center Vejle/National Museum of Denmark
A A A
KOPENHAGEN - Timbunan harta karun ditemukan di Jutlandia, Denmark, dengan berat sekitar 2,2 pound atau sekitar 1 kg tumpukan emas. Dari harta karun emas itu ditemukan penyebutan paling awal tentang Odin atau Raja Para Dewa pada liontin emas.

Liontin emas dari abad ke-5 masehi ini merupakan prasasti tertua yang diketahui menyebutkan dan menampilkan gambar dewa Norse Odin. Liontim ini secara teknis dikenal sebagai bracteate dan terbuat dari emas tipis berstempel.

Para arkeolog menilai bahwa liontin itu 150 tahun lebih tua dari artefak sebelumnya yang diketahui menyebutkan mitologi Norse Odin. “Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah dunia nama Odin disebutkan," kata Lisbeth Imer, ahli runologi dan penulis di Museum Nasional Denmark, kepada Live Science, Senin (13/3/2023).



Prasasti itu yang bertuliskan dalam huruf yang disebut rune, mengatakan, "Dia adalah orangnya Odin" dan nama "Jaga" atau "Jagaz" dalam bentuk awal bahasa Norse. Diperkirakan merujuk pada pemiliknya, seorang kepala suku atau raja Zaman Besi, yang mungkin mengklaim dewa tersebut sebagai leluhur.

“Menurut saya kata-kata ini mengacu pada motif sentral yang menggambarkan seorang pria dengan kuda, menggambarkan tokoh atau raja lokal, yang menampilkan dirinya sebagai keturunan raja para dewa dan dewa para raja, Odin. Kami memiliki bukti sastra lain yang disukai raja untuk menampilkan diri mereka sebagai keturunan dewa,” kata Imer.

Imer dan rekannya, ahli bahasa Krister Vasshus, menghabiskan lebih dari satu tahun untuk menguraikan prasasti rahasia di bracteate. Harta karun ini merupakan bagian dari timbunan emas menakjubkan yang digali di Jutlandia, Denmark, pada tahun 2021.
Timbunan Harta Karun Denmark, Ditemukan Liontin Emas Dewa Odin


Harta karun itu berisi hampir 2,2 pound atau 1 kilogram emas dan sekarang dikenal sebagai "timbunan Vindelev" dari nama kota terdekat. Dalam mitologi Nordik, Odin adalah raja para dewa; dewa kematian, kebijaksanaan, sihir, dan rune; dan "All-father" dari dewa dan manusia.



Meskipun panteon Norse menampilkan lusinan dewa, Odin adalah salah satu dari tiga dewa utama yang disembah dalam agama Norse, bersama Thor dan Frey. Odin sering digambarkan hanya dengan satu mata, karena menurut legenda, dia mencungkil mata lainnya untuk mendapatkan ilmu yang tiada tara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)