7 Fakta Pegunungan Ural Rusia Lokasi Ditemukannya Shigir Idol, Diyakini Sebagai Tempat Yajud Majud

Kamis, 16 Maret 2023 - 15:45 WIB
loading...
7 Fakta Pegunungan Ural Rusia Lokasi Ditemukannya Shigir Idol, Diyakini Sebagai Tempat Yajud Majud
Pegunungan Ural Rusia menyimpan beberapa fakta yang jarang diketahui orang. Foto DOK Independent News
A A A
JAKARTA - Pegunungan Ural Rusia menyimpan beberapa fakta yang jarang diketahui orang. Meski namanya tak sepopuler Pegunungan Himalaya atau Kaukasus, namun terdapat beberapa hal menarik yang tersimpan di dalamnya.

Mulai dari diklaim sebagai pegunungan tertua di dunia hingga tempat ditemukannya Shigir Idol . Penemuan Shigir Idol di Pegunungan Ural Rusia ini bahkan dipercaya sebagai tempat Yajuj dan Majuj oleh sebagian ilmuwan.



Berikut kumpulan fakta menarik tentang Pegunungan Ural Rusia:

1. Salah Satu Pegunungan Tertua di Dunia

Pegunungan Ural merupakan salah satu gunung tertua di dunia yang telah berusia 250 hingga 300 juta tahun.

Pegunungan sepanjang 2.500 km ini terbentang dari tikungan Sungai Ural, melintasi lanskap hutan dan semi gurun yang cukup gersang di selatan hingga melalui tundra Arktik di utara.

2. Punya Lima Bagian

Dilansir dari Britannica, Ural dibagi menjadi lima bagian. Polar Urals (Ural Kutub) paling utara membentang sekitar 400 km dengan sebagian besar gunungnya menjulang setinggi 1.000-1.100 meter di atas permukaan laut.

Berikutnya ada Nether-Polar Urals (Ural Pra-Kutub) yang membentang sepanjang 225 km, dan memiliki puncak tertinggi yakni Gunung Narodnaya dengan ketinggian 1.895 meter dan Gunung Karpinski setinggi 1.878 meter.

Selanjutnya ada Ural Utara yang membentang lebih dari 550 km ke selatan. sebagian besar gunung mencapai ketinggian 1.000 meter.

Kemudian ada Ural Tengah dengan luas bentangan mencapai 320 km, wilayah ini punya ketinggian paling rendah dengan puncak tertingginya hanya 994 meter.

Terakhir ada Ural Selatan sepanjang 550 km dan banyak terdapat gunung paralel setinggi 1.200 meter. Pegunungan ini berakhir di dataran tinggi seluas 600 meter bernama Perbukitan Mughalzhar, di barat laut Kazakhstan.

3. Kehidupan Flora dan Fauna

Pegunungan ural didominasi stepa dan hutan lebat di sekelilingnya. Beberapa tumbuhan yang hidup di wilayah ini diantaranya cemara siberia, oak, semanggi, lumut dan beberapa jenis rerumputan.

Sedangkan untuk kehidupan fauna, terdapat beberapa jenis rusa, beruang coklat, Lynx, wolverine, burung hantu salju, dan terdapat rubah arktik yang sangat dilindungi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2887 seconds (0.1#10.140)