Mural Tertua Berusia 1.400 Tahun, Bergambar Muka Dua dengan Warna Menyala

Kamis, 16 Maret 2023 - 20:36 WIB
loading...
Mural Tertua Berusia 1.400 Tahun, Bergambar Muka Dua dengan Warna Menyala
Dua mural berusia 1.400 tahun ditemukan di dalam aula upacara budaya Moche di situs arkeologi Panamarca, Peru. Foto/Live Science/Lisa Trever
A A A
LIMA - Dua mural berusia 1.400 tahun ditemukan di dalam aula upacara budaya Moche di situs arkeologi Panamarca, Peru . Kedua mural yang menghiasi pilar yang sama di dalam aula upacara ini kaya akan detail dan menggunakan warna merah kuning menyala.

Mural ini menggambarkan pria bermuka dua memegang harta karun yang tidak biasa, termasuk piala tempat burung kolibri minum. Detail ini mungkin menyinggung pengorbanan dan alam kosmik.

Dalam satu mural dekat bagian atas pilar, seorang pria dengan dua wajah, satu melihat ke kiri dan satu melihat ke kanan. Tampak dia memegang kipas bulu di satu tangan dan piala dengan empat burung kolibri minum darinya di tangan lainnya.



Pria bermuka dua kedua, dilukis lebih rendah di atas pilar, memiliki kipas bulu yang bergerak di satu tangan dan benda seperti tongkat yang hanya sebagian diawetkan di tangan lainnya. Peneliti mengatakan para seniman mungkin telah bereksperimen dengan cara menggambarkan gerakan.

Kedua pria itu mengenakan apa yang tampak seperti hiasan kepala atau mahkota di kepala mereka. Sedangkan pakaian warna-warni yang memiliki pola yang rumit dan tampak seperti ikat pinggang yang cukup besar.

“Tidak ada yang seperti ini di arkeologi Amerika Selatan. Para seniman mungkin sedang bereksperimen dengan cara menampilkan gerakan, dan dua momen naratif sekaligus,” kata Lisa Trever, profesor sejarah seni dan arkeologi pra-Columbus di Universitas Columbia kepada Live Science, Kamis (16/3/2023).

Mengapa Moche menggambarkan kedua pria ini seperti ini adalah sebuah misteri. Mural tersebut digambar antara tahun 550 dan 800 M, pada saat sebuah peradaban yang dikenal sebagai Moche berkembang pesat di daerah pesisir Peru.



Moche membangun kuil yang cukup besar, terlibat dalam pengorbanan manusia dan menciptakan karya seni yang bagus, seperti piala keramik yang dipahat dalam bentuk kepala manusia. Mereka hidup sebelum sistem penulisan digunakan di Peru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)