Cara Sederhana Rusia Jatuhkan Drone Tercanggih MQ-9 Bikin Malu AS

Minggu, 19 Maret 2023 - 21:27 WIB
loading...
Cara Sederhana Rusia Jatuhkan Drone Tercanggih MQ-9 Bikin Malu AS
Pesawat tempur Rusia sukses jatuhkan drone MQ-9 . FOTO/ US.UECOM
A A A
NEW YORK - Rusia memperlihatkan cara sederhana untuk mengalahkan drone canggih MQ-9 milik Amerika Serikat. Cara sederhana ini sukses bikin malu AS.



Rekaman video pendek yang dirilis oleh @US_EUCOM memperlihatkan pesawat tempur Rusia, Sukhoi Su-27 yang bisa gas pol sampai 2.500 km/jam, sengaja menyiram avtur, bahan bakar pesawat, ke badan drone canggih MQ-9 milik AS.

Baling-baling pesawat nir awak ini kontan macet, kemungkinan korslet, tak bisa dikendalikan lagi dan jatuh ke lautan.

Kamera di badan drone mata-mata ini juga kontan blur, rusak.

Tindakan Rusia di kawasan Internasional, di atas Laut Hitam, 14 Maret 2023 lalu ini kontan mengundang gelak tawa bagi yang melihat. Dan, seluruh Rusia pasti ngakak nonton video ini.

Peristiwa guyuran avtur pada drone Amerika tentu mengegerkan dunia militer. Bagaimana bisa sebuah drone mata-mata tercanggih saat ini bisa disergap dan 'dimandikan' bensin?

Seperti apa drone mata-mata canggih itu sehingga menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi konflik Ukraina?

Menurut laporan Fox News, drone MQ-9 Reaper Amerika harganya mencapai USD32 juta atau lebih dari Rp494 miliar per unitnya.

Konfrontasi jarak dekat antara pesawat Barat dan Rusia bukanlah hal yang aneh, tetapi insiden pada Selasa pagi lalu menimbulkan pertaruhan karena menyebabkan pejabat AS harus merelakan pesawat tak berawak itu jatuh ke laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)