Turki Tunjukkan Kembali Kemajuan Teknologi Dirgantara, Bikin Jet Tempur Tak Berawak ANKA-3

Senin, 20 Maret 2023 - 09:54 WIB
loading...
Turki Tunjukkan Kembali Kemajuan Teknologi Dirgantara, Bikin Jet Tempur Tak Berawak ANKA-3
Turki kembali menunjukkan kemajuan teknologi dirgantara yang telah dicapai dengan memamerkan foto asli pertama dari jet tempur tak berawak ANKA-3. Foto/SavunmaSanayiST/Bulgarian Military
A A A
ANKARA - Turki kembali menunjukkan kemajuan teknologi dirgantara yang telah dicapai dengan memamerkan foto asli pertama dari jet tempur tak berawak ANKA-3. Turki mengklaim jet tempur tak berawak ANKA-3 yang memiliki kemampuan siluman akan menjalani uji terbang pertama pada April 2023.

ANKA-3, jet tempur yang menggunakan konsep sayap terbang (flying-wing) yang dikembangkan Turkish Aerospace Industries (TAI) atau Turk Havacılık ve Uzay Sanayi As (TUSAS). Dalam foto yang dibagikan, terlihat ada dua drone supersonik yang dibawa ANKA-3 dan stasiun senjata eksternal.

Ketua Kepresidenan Industri Pertahanan Prof Dr Ismail Demir mengumumkan untuk pertama kalinya bahwa TAI telah mengembangkan pesawat tempur tanpa awak. “Kita tunggu, semua sudah dimulai,” katanya dalam keterangannya kepada media Turki dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Senin (20/3/2023).



Menurut informasi yang diperoleh SavunmaSanayiST.com, jet tempur tak berawak ANKA-3 memiliki berat lepas landas maksimum sekitar 7 ton. Kehadiran ANKA-3, menunjukkan kemampuan Turki dalam membuat secara mandiri kendaraan udara tak berawak, seperti Bayraktar TB2 dan Kizilelma.

Jet tempur tak berawak ANKA-3 dikembangkan terutama untuk misi udara ke darat. Dengan demikian, misi deep-strike dan DEAD/SEAD akan menjadi salah satu kemampuan serangan utama pesawat ini.
Turki Tunjukkan Kembali Kemajuan Teknologi Dirgantara, Bikin Jet Tempur Tak Berawak ANKA-3


ANKA-3 memiliki ukuran seperti pesawat tempur ringan dan dirancang sebagai platform perang elektronik yang bertahan lama, melakukan serangan menyerang, dan pengawasan. Dikutip dari laman The War Zone, ANKA-3 juga mampu menjalankan misi penghancuran pertahanan udara musuh.

ANKA-3 diperkirakan akan bekerja sama dengan pesawat tempur siluman TF-X berawak Turki untuk aplikasi misi tertentu. ANKA-3, menampilkan cantelan eksternal untuk amunisi dan bahan bakar, serta tempat senjata internal.



Pesawat ini didukung mesin turbofan tunggal dan memiliki asupan udara dorsal bergerigi, serta asupan tambahan ke bagian belakang atas, di dekat knalpot mesinnya. Antena kecil dan antena tipe konformal lainnya terlihat pada intake tambahan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)