Spesifikasi FH-97A China, Drone yang Mirip dengan Pesawat Tanpa Awak Australia

Rabu, 05 April 2023 - 19:02 WIB
loading...
Spesifikasi FH-97A China, Drone yang Mirip dengan Pesawat Tanpa Awak Australia
China semakin memantapkan dirinya sebagai negara yang punya kekuatan militer berbahaya. Foto DOK Air Recognition
A A A
JAKARTA - China semakin memantapkan dirinya sebagai negara yang punya kekuatan militer berbahaya. Hal itu setelah China mengenalkan drone serang FH-97 Feihong, meski bentuknya terkesan mirip dengan drone buatan negara lain.

Model drone pengintai serang ini awalnya ditampilkan dalam Pameran Penerbangan dan Dirgantara Internasional China, atau Airshow China, di Zhuhai pada 2021 lalu.

Setelah ditunjukkan modelnya, drone buatan China Aerospace Science Technology Corp (CASTC) ini akhirnya diluncurkan pada November 2022 lalu. FH-97A diidentifikasi sebagai tiruan dari Boeing MQ-28 Ghost Bat dari Australia.



Hal tersebut karena kedua drone itu sekilas terlihat mirip. Ini rupanya bukan pertama kali China membuat pesawat yang terlihat mirip dengan buatan negara lain.

Dikutip dari Aeroflap, CASTC sebelumnya menghadirkan pesawat lain yang disebut FH-97, yang pada saat itu memiliki desain yang sangat mirip dengan XQ-58A, dari perusahaan Amerika Kratos.

Spesifikasi FH-97A China

Pesawat tak berawak itu diklaim dapat membawa banyak jenis senjata dan punya kemampuan perang elektronik, menurut Wu Wei, perwakilan dari lini produk Feihong China Aerospace Science Technology Corp (CASTC).

Menurut Global Times, FH-97 adalah drone siluman tak berawak kecepatan tinggi yang dapat melakukan tugas pengawasan, pengintaian, verifikasi posisi target, hingga evaluasi efek kerusakan.



Berdasarkan penampilannya, FH-97 akan memiliki kecepatan maksimum hingga 0,8 Mach lantaran bentuknya yang identik dengan Kratos XQ-58A menurut pantauan Routers.

Zhang Zhongyang, wakil presiden CASTC mengatakan rencananya adalah untuk mengubah Feihong menjadi "merek terkemuka internasional, dan menjadi pemain utama di panggung utama arena dunia."

China memang telah dikenal sebagai pengekspor drone militer ke berbagai negara termasuk Uni Emirat Arab, Pakistan, dan Serbia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)