Amerika Serikat Kembalikan Monster Bumi ke Meksiko

Kamis, 06 April 2023 - 06:03 WIB
loading...
Amerika Serikat Kembalikan Monster Bumi ke Meksiko
Monster Bumi’ diukir sangat rumit. Beratnya lebih dari satu ton dan tingginya hampir dua meter dan dan lebar 1,5 meter. FOTO/ science alert.
A A A
NEW YORK - Patung kuno Monster Bumi "Earth Monster" adalah salah satu benda yang telah lama dicari di Meksiko dan berada di Amerika Serikat cukup lama.



Menurut Science Alert, Monster Bumi’ diukir sangat rumit. Beratnya lebih dari satu ton dan tingginya hampir dua meter dan dan lebar 1,5 meter.

Patung ini sangat menarik karena berasal dari peradaban Olmec yang datang sebelum periode Kristen. Bahkan, peradaban ini sudah ada sebelum budaya Aztec dan Maya. Perajin dari peradaban Olmec dikenal membuat patung besar dan kepala batu.

National Anthropology and History Institute (INAH) mencatat bahwa patung itu mungkin dibuat antara 800 dan 400 SM.

Patung Monster Bumi ini diduga diambil secara ilegal dari Chalcatzingo. Namun, spesialis tidak tahu kapan ini terjadi.

Menurut INAH, dokumen menunjukkan monster Bumi diungkapkan kepada publik pada tahun 1968 oleh David Grove, seorang arkeolog, di majalah American Antiquity. Berdasarkan hal tersebut, diasumsikan bahwa patung kuno tersebut berada di Amerika pada awal paruh kedua abad ke-20.

Marcelo Ebrard, menteri luar negeri Meksiko mencatat bahwa Konsul Jorge Islas di New York mengeluarkan konfirmasi bahwa patung Olmec kuno yang telah lama dicari telah ditemukan dan akan dikembalikan ke rumah. Ebrard juga mencatat bahwa karya itu akan kembali ke tempat di mana "seharusnya dia tidak pernah diambil".

Mario Córdova Tello, seorang arkeolog, menyambut baik pengembalian patung itu. Tello mencatat bahwa patung itu adalah bagian penelitian penting dalam hal ikonografi Olmec. Karena itu, mereka sangat antusias dan gembira menerima kabar ini.

Pihak berwenang juga mencatat bahwa Meksiko telah melakukan upaya berkelanjutan untuk memulihkan warisan sejarah yang telah diambil dari mereka. Faktanya, sejak 2018, hampir 10.000 artefak telah diambil.

Artefak berharga suatu negara berada di negara lain bukan hal yang baru, patung-patung kuno yang hilang ini banyak disimpan dan dipajang di sejumlah museum .

Termasuk beberapa artefak terkenal dari berbagai belahan dunia yang masih dipertanyakan bagaimana proses mendapatkannya.

Tentu hal ini tak lepas dari berbagai faktor dan kondisi masa lampau yang penuh dengan sejarah penaklukan yang berkonsekuensi pada perpindahan berbagai artefak berharga.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)