Es Antartika Terus Mencair, Ilmuwan Ungkap Hal Menakutkan Ini

Minggu, 09 April 2023 - 21:13 WIB
loading...
Es Antartika Terus Mencair, Ilmuwan Ungkap Hal Menakutkan Ini
Es antartika terus mencair. FOTO/ DAILY
A A A
ALASKA - Sebuah studi baru mengungkapkan tingkat pencairan es di Antartika telah menimbulkan kekhawatiran baru di antara para peneliti tentang kenaikan permukaan laut.



Para peneliti mengatakan bahwa data yang dirilis dalam jurnal Nature menegaskan bahwa lapisan es besar yang menutupi Eurasia antara 15.000 dan 19.000 tahun yang lalu ditemukan bergerak dengan kecepatan 609,6 meter per hari, yang 20 kali lebih cepat daripada kecepatan yang diukur dari satelit. 50 tahun terakhir.

Seperti dilansir dari UPI, kata para ilmuwan, laju pencairan es adalah yang tercepat yang mereka temukan sejauh ini dan melebihi apa yang mereka anggap sebagai batas atas pergerakan lapisan es.

Penulis utama studi tersebut, Christine Batchelor, mengatakan bahwa jika suhu terus meningkat, es akan mencair dan menipis dari atas maupun bawah.

"Itu bisa berakhir dengan skenario yang terlihat lebih mirip dengan apa yang kita alami di Norwegia setelah proses glasial terakhir," katanya.

Lapisan Es Eurasia dikatakan telah mencair ribuan tahun yang lalu, menyalip gletser di Antartika yang bergerak 48.768 meter per hari.

Sejak 1990-an, Antartika dan Greenland telah kehilangan lebih dari 6,4 triliun ton es dan telah menaikkan permukaan laut global sebesar 0,7 inci.

Gletser Thwaites yang masif di Antartika Barat disebut sebagai 'gletser kiamat' karena esnya yang mencair berkontribusi pada kenaikan permukaan laut saat ini.

Para peneliti mengatakan laju pergerakan es yang lebih cepat pada akhir zaman es muncul di daerah yang lebih datar yang menimbulkan kekhawatiran akan beberapa gletser di Antartika, dekat lapisan es yang datar.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis lapisan bergelombang dari dua aliran es utama di lapisan es benua Norwegia, menggunakan data batimetri.

Mereka mempelajari pola punggungan seperti gelombang di dasar laut dan mampu menghitung laju pergerakan yang berkisar antara 54.864 hingga 606,9 meter per hari.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2987 seconds (0.1#10.140)