Apa Itu Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Langka yang Terjadi Setiap Satu Abad

Selasa, 18 April 2023 - 20:32 WIB
loading...
Apa Itu Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Langka yang Terjadi Setiap Satu Abad
Gerhana matahari hibrida disebut fenomena aneh karena merupakan kombinasi tiga gerhana matahari yang terjadi sekaligus. Foto/NASA/Space
A A A
JAKARTA - Gerhana matahari hibrida merupakan fenomena langka dan aneh yang terjadi hanya beberapa kali dalam satu abad. Gerhana matahari hibrida disebut fenomena aneh karena merupakan kombinasi tiga gerhana matahari yang terjadi sekaligus.

Secara umum gerhana matahari yang paling populer dan sering terjadi ada tiga jenis, yaitu gerhana matahari sebagian, gerhana matahari annular, dan gerhana matahari total. Nah, gerhana matahari hibrida merupakan kombinasi ketiga jenis gerhana matahari, sehingga dikenal sebagai fenomena langka dan aneh.

Ketika pertama kali terbentuk, gerhana matahari hibrida menggabungkan gerhana matahari annular dan gerhana matahari total. Oleh karena itu, pengamat di berbagai titik jalur gerhana dapat mengalami fenomena yang berbeda.



Untuk beberapa lokasi di jalur gerhana matahari hibrida, sebagian orang akan menyaksikan gerhana matahari total, sedangkan di bagian lain akan menyaksikan gerhana matahari berbentuk cincin. Dalam kedua kasus tersebut, bulan akan melintas di antara Bumi dan matahari, menghalangi semua atau sebagian besar cahaya matahari di sebagian permukaan bumi, seperti gerhana matahari sebagian.

Oleh karena itu, tidak mungkin mengalami gerhana matahari annular dan total sekaligus selama peristiwa gerhana matahari hibrida. “Itu alasan gerhana ini dikenal sebagai gerhana matahari hibrida karena bergeser dari gerhana matahari total ke gerhana matahari annular, saat bayangan bulan melintas di atas Bumi,” tulis laman Space, Selasa (18/4/2023).

Gerhana matahari hibrida sering disebut gerhana annular-total, gerhana matahari "manik-manik" atau gerhana annular "pecah". Sebutan dua yang terakhir karena gerhana matahari hibrida menampilkan penampakan manik-manik Baily yang sangat panjang.

Gerhana matahari hibrida diklasifikasikan sebagai gerhana matahari "pusat" karena bulan tampak melintas tepat di depan matahari. Kondisi ini seperti gerhana matahari total dan cincin, namun berbeda dari gerhana matahari sebagian.



Secara ilmiah, gerhana matahari hibrida terjadi ketika jarak bulan mendekati batas bayangan umbral untuk mencapai Bumi yang melengkung. Bulan berada pada jarak yang tepat dari Bumi untuk puncak bayangannya berbentuk kerucut berada sedikit di atas permukaan Bumi pada awal dan akhir jalur gerhana.
Apa Itu Gerhana Matahari Hibrida, Fenomena Langka yang Terjadi Setiap Satu Abad


Kondisi ini membuat bayangan antumbra bulan bergerak melintasi Bumi sehingga menyebabkan gerhana matahari annular. Namun, di tengah jalur gerhana, puncak bayangan umbral bulan menghantam permukaan bumi karena bagian planet tersebut sedikit lebih dekat ke bulan.

Diagram gerhana matahari hibrida ini menunjukkan bagaimana jarak bulan dari Bumi menentukan bayangan yang diproyeksikan ke permukaan bumi. Dari penumbra samar gerhana matahari sebagian hingga umbra gelap totalitas yang dalam dan antumbra, semacam setengah bayangan, annularitas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)