Ini Tank Leopard Pertama yang Rusak dalam Perang Rusia Ukraina, Penyebabnya Masih Misterius

Rabu, 19 April 2023 - 13:54 WIB
loading...
Ini Tank Leopard Pertama yang Rusak dalam Perang Rusia Ukraina, Penyebabnya Masih Misterius
Tank Leopard pertama yang rusak dalam perang Rusia Ukraina muncul dalam keadaan yang menyedihkan, turret meriam terpisah dari sasis bodi tank. Foto/Twitter/Bulgarian Military
A A A
KIEV - Tank Leopard pertama yang rusak dalam perang Rusia Ukraina muncul dalam keadaan yang menyedihkan, turret meriam terpisah dari sasis bodi tank. Namun, penyebab kerusakan tank ini masih misterius karena tidak tampak bekas menghadapi pertempuran hebat.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Rabu (19/4/20230, tank Leopard itu tampaknya rusak akibat ulah pasukan Ukraina di tempat latihan di suatu tempat di Eropa. Tidak diketahui bagaimana pasukan Ukraina berhasil memisahkan turret meriam dari sasis tank.

Tidak ada awak tank yang terluka, namun tidak ada penjelasan detail penyebab kerusakan yang dialami tank Leopard. Diduga tank Leopard mengalami kecelakaan saat berlatih bersama pasukan Ukraina. Ditambah kondisi teknis tank yang tidak baik, menyebabkan kerusakan parah.



Alasan ini sangat masuk akal, sebab jika tank tersebut berasal dari tentara Jerman, sangat mungkin platform tersebut tidak dirawat dengan baik selama bertahun-tahun. Perlu dicatat bahwa model tanknya adalah Leopard 2A4.

Para ahli militer menilai insiden ini bukan masalah besar karena turret meriam yang lepas dari sasis tank dapat dipasangan kembali. Hanya perlu pemeriksaan sedikit apakah ada kerusakan sistem persenjataan dalam turret tersebut.

Setelah kerusakan diperbaiki, maka turret tank bisa dipasang kembali seperti semula. Turret tank seperti jantung, karena menampung sistem komputer utama, sistem pengendalian tembakan, serta senjata utama dan persenjataan sekunder.

“Perlu waktu beberapa minggu untuk memasang turret kembali hingga tank mendapatkan tampilan normalnya. Tetapi jika elektronik dan larasnya rusak, tank Leopard 2A4 ini mungkin tidak akan pernah bisa dipulihkan,” tulis laman Bulgarian Military, Rabu (19/4/2023).



Meskipun kecelakaan yang dialami tank biasa terjadi, namun penyebab kerusakan tank Leopard yang digunakan pasukan Ukraina masih belum diketahui. Kejadian ini menjadi peringatan bagi pasukan Ukraina untuk benar-benar dapat mengendalikan tank canggih buatan Jerman ini.
Ini Tank Leopard Pertama yang Rusak dalam Perang Rusia Ukraina, Penyebabnya Masih Misterius


Apalagi, beberapa negara Eropa berjanji mengirimkan bantuan tank Leopard untuk menghadapi gempuran Rusia. Inggris telah berjanji untuk mengirimkan setidaknya 14 tank tempur utama Challenger 2, dan AS sedang bersiap untuk mengirim setidaknya 31 tank M1 Abrams ke Ukraina akhir tahun ini.

Ada laporan bahwa setidaknya 100.000 tentara Ukraina saat ini sedang dilatih di berbagai belahan planet ini. Mereka sedang mempersiapkan serangan balasan dalam beberapa bulan mendatang untuk merebut kembali apa yang diduduki sementara oleh Rusia.

Rumor mengatakan bahwa serangan balik tidak akan dilakukan pada musim semi tetapi pada awal musim panas. Namun, ini adalah klaim yang harus kita tunggu untuk terjadi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3784 seconds (0.1#10.140)