4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern

Senin, 24 April 2023 - 16:09 WIB
loading...
4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern
Sistem rudal Patriot PAC-3 dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih. Foto/Army Technology/wikicommons
A A A
WASHINGTON - Sistem rudal Patriot PAC-3 dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih. Rudal Patriot PAC-3 juga dilengkapi teknologi hit-to-kill untuk daya mematikan yang lebih besar terhadap rudal balistik taktis (TBM) dengan senjata pemusnah massal.

Patriot PAC-3 akronim dari Program Phased Array Tracking to Intercept of Target (PATRIOT) Advanced Capability-Three (PAC-3). Jadi Patriot PAC-3 adalah pertahanan udara dengan sistem peluru kendali jarak jauh, yang beroperasi pada ketinggian menengah hingga tinggi dan segala cuaca.

Sistem rudal Patriot PAC-3 terdiri dari rangkaian radar bertahap, stasiun kendali, pos komando baterai, pembangkit listrik, kelompok tiang antenna, kelompok relai komunikasi, dan stasiun peluncur rudal. Berikut 5 kecanggihan sistem rudal Patriot PAC-3 dirangkum SINDOnews dari laman AP News, Military, dan Military Today, Senin (24/4/2023).

1. Sistem Radar Lebih Kuat

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem rudal Patriot PAC-3 memiliki radar yang lebih kuat yang lebih baik dalam membedakan target daripada sistem S-300 era Soviet yang digunakan Ukraina. Radar Patriot PAC-3 telah ditingkatkan jangkauan deteksi dan pelacakan serta mampu membedakan ancaman rudal yang berbeda.



Radar Patriot PAC-3 dapat membedakan target, apakah pesawat itu diawaki atau tidak, termasuk beberapa objek balistik yang membawa persenjataan. Perangkat lunak radar Patriot PAC-3 juga memastikan bahwa rudal balistik dengan hulu ledak kimia atau submunisi yang diluncurkan lebih awal dapat dihancurkan pada ketinggian tertentu.

2. Rudal Baru Lebih Mematikan

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem Patriot PAC-3 menggunakan rudal baru MIM-104F, ukurannya lebih kecil dan kemampuan manuver yang lincah. Rudal MIM-104F menghancurkan target dengan menghantam secara langsung dengan jangkauan lebih jauh sekitar 40 km pada ketinggian 20 km.

Bahkan rudal MIM-104F memiliki hulu ledak kecil High Explosive Fragmentation (HE-FRAG) untuk meningkatkan kemampuan menghancurkan target. Sebab, rudal Patriot PAC-3 dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2616 seconds (0.1#10.140)