4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern

Senin, 24 April 2023 - 16:09 WIB
loading...
4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern
Sistem rudal Patriot PAC-3 dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih. Foto/Army Technology/wikicommons
A A A
WASHINGTON - Sistem rudal Patriot PAC-3 dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih. Rudal Patriot PAC-3 juga dilengkapi teknologi hit-to-kill untuk daya mematikan yang lebih besar terhadap rudal balistik taktis (TBM) dengan senjata pemusnah massal.

Patriot PAC-3 akronim dari Program Phased Array Tracking to Intercept of Target (PATRIOT) Advanced Capability-Three (PAC-3). Jadi Patriot PAC-3 adalah pertahanan udara dengan sistem peluru kendali jarak jauh, yang beroperasi pada ketinggian menengah hingga tinggi dan segala cuaca.

Sistem rudal Patriot PAC-3 terdiri dari rangkaian radar bertahap, stasiun kendali, pos komando baterai, pembangkit listrik, kelompok tiang antenna, kelompok relai komunikasi, dan stasiun peluncur rudal. Berikut 5 kecanggihan sistem rudal Patriot PAC-3 dirangkum SINDOnews dari laman AP News, Military, dan Military Today, Senin (24/4/2023).

1. Sistem Radar Lebih Kuat

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem rudal Patriot PAC-3 memiliki radar yang lebih kuat yang lebih baik dalam membedakan target daripada sistem S-300 era Soviet yang digunakan Ukraina. Radar Patriot PAC-3 telah ditingkatkan jangkauan deteksi dan pelacakan serta mampu membedakan ancaman rudal yang berbeda.



Radar Patriot PAC-3 dapat membedakan target, apakah pesawat itu diawaki atau tidak, termasuk beberapa objek balistik yang membawa persenjataan. Perangkat lunak radar Patriot PAC-3 juga memastikan bahwa rudal balistik dengan hulu ledak kimia atau submunisi yang diluncurkan lebih awal dapat dihancurkan pada ketinggian tertentu.

2. Rudal Baru Lebih Mematikan

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem Patriot PAC-3 menggunakan rudal baru MIM-104F, ukurannya lebih kecil dan kemampuan manuver yang lincah. Rudal MIM-104F menghancurkan target dengan menghantam secara langsung dengan jangkauan lebih jauh sekitar 40 km pada ketinggian 20 km.

Bahkan rudal MIM-104F memiliki hulu ledak kecil High Explosive Fragmentation (HE-FRAG) untuk meningkatkan kemampuan menghancurkan target. Sebab, rudal Patriot PAC-3 dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih.



3. Jumlah Rudal Lebih Banyak

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem Patriot PAC-3 memiliki jumlah rudal yang lebih banyak, karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan Patriot PAC-2. Dalam satu wadah tabung aluminium dapat berisi 4 rudal MIM-104F, dan sistem Patriot PAC-3 biasanya membawa 4 tabung peluncur, sehingga total ada 16 rudal bukan 8 seperti Patriot PAC-2.

Unit peluncur bekerja mandiri dan memiliki pembangkit listrik dan bahan bakar sendiri. Diperlukan waktu 30 menit untuk mempersiapkan sistem Patriot untuk ditembakkan. Baterai peluncur dan kendaraan pendukung terkait dapat mengubah posisi hingga beberapa kali sehari.



4. Membangun Jaringan Pertahanan Berlapis

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem rudal Patriot PAC-3 adalah bagian dari jaringan pertahanan rudal tiga lapis. Garis pertahanan pertama berasal dari rudal AEGIS, yang dirancang untuk melumpuhkan rudal balistik di luar angkasa. Jika gagal, rudal balistik dicegat oleh sistem rudal anti-balistik THAAD, tepat saat mereka masuk kembali ke atmosfer.

Lapisan pertahanan terakhir adalah rudal Patriot PAC-3. Sistem PAC-3 dapat bertahan melawan semua jenis rudal balistik, namun kurang efektif melawan rudal pesawat terbang dan rudal udara-ke-permukaan. Inilah alasan patriot PAC-3 dikerahkan bersama peluncur Patriot PAC-2 dengan rudal jarak jauh.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)