4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern

Senin, 24 April 2023 - 16:09 WIB
loading...
A A A


3. Jumlah Rudal Lebih Banyak

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem Patriot PAC-3 memiliki jumlah rudal yang lebih banyak, karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan Patriot PAC-2. Dalam satu wadah tabung aluminium dapat berisi 4 rudal MIM-104F, dan sistem Patriot PAC-3 biasanya membawa 4 tabung peluncur, sehingga total ada 16 rudal bukan 8 seperti Patriot PAC-2.

Unit peluncur bekerja mandiri dan memiliki pembangkit listrik dan bahan bakar sendiri. Diperlukan waktu 30 menit untuk mempersiapkan sistem Patriot untuk ditembakkan. Baterai peluncur dan kendaraan pendukung terkait dapat mengubah posisi hingga beberapa kali sehari.



4. Membangun Jaringan Pertahanan Berlapis

4 Kecanggihan Patriot PAC-3 Milik AS, Punya Radar dan Rudal Lebih Modern


Sistem rudal Patriot PAC-3 adalah bagian dari jaringan pertahanan rudal tiga lapis. Garis pertahanan pertama berasal dari rudal AEGIS, yang dirancang untuk melumpuhkan rudal balistik di luar angkasa. Jika gagal, rudal balistik dicegat oleh sistem rudal anti-balistik THAAD, tepat saat mereka masuk kembali ke atmosfer.

Lapisan pertahanan terakhir adalah rudal Patriot PAC-3. Sistem PAC-3 dapat bertahan melawan semua jenis rudal balistik, namun kurang efektif melawan rudal pesawat terbang dan rudal udara-ke-permukaan. Inilah alasan patriot PAC-3 dikerahkan bersama peluncur Patriot PAC-2 dengan rudal jarak jauh.

(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2769 seconds (0.1#10.140)