Ilmuwan Ingatkan Agar Turis Luar Angkasa Tidak Berhubungan Seks, Ini Bahayanya

Selasa, 25 April 2023 - 07:00 WIB
loading...
Ilmuwan Ingatkan Agar Turis Luar Angkasa Tidak Berhubungan Seks, Ini Bahayanya
Turis luar angkasa diharapkan bisa menandatangani larangan berhubungan seks saat di luar angkasa. Foto/Daily Star
A A A
JAKARTA - Ilmuwan mengingatkan agar para turis menghindari aktivitas seks saat berada di luar angkasa di tengah boomingnya bisnis wisata baru itu. Menurut mereka aktivitas di luar angkasa sama sekali berbeda dengan yang digambarkan oleh film-film Hollywood belakangan ini.

Beberapa film Hollywood seperti Passenger dan Promotheus memang menampilkan beberapa adegan hubungan badan yang dilakukan oleh para penjelajah luar angkasa yang terkesan normal seperti halnya di bumi. Padahal menurut Profesor David Cullen, ilmwan astrobiologi dari Cranfield University, hubungan seks di luar angkasa merupakan hal yang perlu diteliti lebih mendalam.

Pasalnya aktivitas itu dia yakini akan memberikan dampak biologis tertentu kepada orang yang melakukannya serta janin yang akan terkandung dari aktivitas tersebut. Embrio dari janini tersebut bisa saja mengalami radiasi karena prosesnya terjadi di sebuah tempat yang asing.



Ilmuwan Ingatkan Agar Turis Luar Angkasa Tidak Berhubungan Seks, Ini Bahayanya


"Untuk saat ini para turis luar angkasa, terutama buat mereka yang pasangan, perlu menandatangani surat agar tidak berhubungan seks selama di atas sana," ucapnya dikutip Daily Mail.

Dia mengatakan saat ini motivasi para turis berada di luar angkasa akan sangat jauh berbeda dengan para astronot. Para turis datang ke luar angkasa untuk melakukan wisata sedangkan astronot melakukannya untuk pekerjaan. Para astronot juga telah dilatih untuk menutup dorongan seksual selama waktu yang lama ketika berada di luar angkasa.

"Tidak realistis untuk berasumsi bahwa semua peserta wisata luar angkasa akan menjauhkan diri dari aktivitas seksual saat terpapar gaya berat mikro dan peningkatan tingkat radiasi pengion selama penerbangan luar angkasa," katanya.



Sejauh ini aktivitas seksual memang masih terkesan tabu untuk dibicarakan ketika berurusan dengan kegiatan di luar angkasa. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration ( NASA ) selalu menghindari diskursus mengenai hubungan seks para astronot saat bekerja di luar angkasa.

Mereka hanya mengatakan hingga saat ini tidak ada manusia yang pernah berhubungan seks saat berada di luar angkasa. Hanya saja dengan boomingnya bisnis wisata luar angkasa yang digerakkan oleh perusahaan swasta potensi terjadinya hal tersebut sangat besar.

Diketahui saat ini beberapa perusahaan besar seperti Blue Origin milik Jeff Bezos, Virgin Galactic yang dipegang oleh Sir Richard Branson, dan SpaceX punya Elon Musk tengah getol membawa orang biasa pergi ke luar angkasa. Perbedaan konsep kerja dan pola pikir yang ada antara astronot dan orang biasa itulah yang sangat dikhawatirkan oleh Profesor David Cullen.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)