Teks Alkitab yang Hilang 1.500 Tahun Lalu Akhirnya Ditemukan

Sabtu, 29 April 2023 - 14:07 WIB
loading...
Teks Alkitab yang Hilang 1.500 Tahun Lalu Akhirnya Ditemukan
Teks Alkitab yang hilang 1.500 tahun lalu ditemukan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Seorang ilmuwan menemukan bagian yang hilang dari teks alkitabiah sekitar 1.500 tahun, setelah awalnya ditulis. Temuan ini ditulis dalam jurnal New Testament Studies, Medievalist Grigory Kessel dari Austria Academy of Sciences (Oeaw atau Osterreichische Akademie der Wissenschaften).

Dilansir dari Popular Mechanics, teks yang hilang itu tersembunyi di bawah tiga lapisan teks, dan diklaim sebagai salah satu terjemahan Injil yang paling awal.

"Bab yang sudah lama tersembunyi itu, yakni interpretasi Matius Bab 12, yang awalnya diterjemahkan sebagai bagian dari apa yang dikenal sebagai terjemahan Syria lama sekitar 1.500 tahun yang lalu," tulis laman itu, dikutip Sabtu (29/4/2023).



Dokumen seperti ini, di mana satu lapisan teks menyembunyikan sisa-sisa yang dihapus dari yang lain, disebut palimpsest. Temuan Kessel adalah palimpsest ganda, karena perkamen kemudian digunakan untuk ketiga kalinya.

"Sampai baru-baru ini, hanya dua manuskrip yang diketahui mengandung terjemahan Syria lama dari Injil," jelasnya.

Dari dua manuskrip itu, satu berada di Perpustakaan Inggris London dan yang lainnya di Biara St Catherine, Gunung Sinai.

Dalam apa Dikenal sebagai Proyek Sinai Palimpsests, sebuah naskah ketiga baru-baru ini digali. Temuan ini merupakan yang keempat, sebuah terjemahan dari teks abad ke-3 yang kemungkinan disalin pada abad ke-6.

"Perkamen itu bertempat di Perpustakaan Vatikan," sambungnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)