Daftar ilmuwan Iran yang Mati Terbunuh karena Penemuannya Jadi Ancaman AS dan Israel

Minggu, 30 April 2023 - 13:53 WIB
loading...
A A A
Dokumen yang dicuri dari Iran diklaim memuat informasi bahwa Fakhrizadeh adalah direktur AMAD, proyek rahasia untuk mengembangkan senjata nuklir, yang semestinya dibekukan oleh Iran pada 2003.

Zimmt mengatakan "AMAD dilanjutkan di belakang layar, yang membuat kemampuan Iran mengembangkan senjata nuklir mengalami kemajuan yang signifikan".

PLTN Iran di Natanz menjadi 'target operasi rahasia Iisrael'. Karena itulah, kata Zimmt, Iran bisa meninggalkan kesepakatan nuklir dengan AS.

Situasi ini membuat Israel "mengambil tindakan dengan tujuan mengganggu program nuklir Iran".

Beberapa kalangan mengatakan sudah sejak lama "Mossad dan CIA ingin menggagalkan program nuklir Iran melalui operasi-operasi rahasia".

Maher, yang menulis artikel ilmiah soal Iran, mengklaim bahwa operasi rahasia oleh Israel dimulai pada awal 2000-an.

"Mereka mencoba melakukan sabotase pada rantai pasok yang biasanya diandalkan Iran untuk mendapatkan sentrifugal dan peralatan lain untuk program nuklir," kata Maher.

Ia mengatakan Iran mendapatkan peralatan "di pasar gelap" dan dilakukan secara diam-diam.

Program nuklir Iran diyakini mengalami kemajuan signifikan meski terus mengalami serangan. Investigasi untuk menyibak tabir adopsi ilegal dari Indonesia ke Belanda di masa lalu

Selain melakukan operasi rahasia dan sabotase, Israel dan AS juga diyakini "bekerja sama mengembangkan program jahat komputer Stuxnet, yang pernah digambarkan sebagai malware terbesar dan paling mahal".

Tercatat, delama periode 2007 hingga 2010, terjadi serangan siber terhadap PLTN. Diduga serangan ini berhasil melumpuhkan seperlima sentrifugal yang dimiliki Iran di PLTN ini.

Serangan fisik terhadap PLTN Natanz terjadi pada pertengahan tahun ini. Dari foto terlihat ada kerusakan yang cukup parah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)