Misteri Ribuan Guci Raksasa di Laos yang Masih Penuh Tanda Tanya

Senin, 01 Mei 2023 - 21:09 WIB
loading...
Misteri Ribuan Guci Raksasa di Laos yang Masih Penuh Tanda Tanya
Plain of Jars, area purba lokasi ribuan guci raksasa bertebaran di Laos. FOTO/ Times India
A A A
VIENTIAN - Plain of Jars adalah sebuah situs arkeologi dari zaman megalitikum di Laos. Di lokasi ribuan guci berukuran besar tersebar di dataran Xieng Khouang.



Seperti dilansir dari Live Science, guci batu ini muncul secara berkelompok, mulai dari satu atau beberapa guci hingga sekitar 100 guci yang tersebar mengelilingi lembah dan dataran tinggi.

Terletak di timur laut terpencil Laos, ribuan guci batu kuno ditemukan di provinsi Xiengkhouang. Tempat ini dikenal juga sebagai Dataran Guci karena ada lebih dari 2.000 guci kuno raksasa tersebar di sana.

Para arkeolog mengira guci itu adalah tempat menyimpan mayat dan mungkin telah berusia 2.000 tahun. Tapi tidak ada yang tahu pasti usianya, siapa yang membuatnya, atau untuk apa guci-guci itu dibuat.

Jumlah plain of jars ini tidak main-main, ada ribuan guci dengan yang tingginya mencapai hingga 10 kaki, dengan berat mencapai ton-an (yang terbesar memiliki berat hingga 14 ton).

Sebagian besar guci raksasa ini terbuat dari batu pasir, sementara yang lainnya dari granit atau karang.

Anehnya batu-batu yang digunakan untuk membuat guci-guci raksasa ini diketahui bukanlah batuan yang berasal dari tempat tersebut.

Sementara itu, guci-guci ini memiliki bentuk yang berbeda-beda, beberapa memiliki bentuk bulat, ada yang bersudut, dan ada pula beberapa yang memiliki cekungan untuk penutup di atasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)