Ini Perbedaan Gerhana Bulan Penumbra dan Sebagian yang Perlu Diketahui

Kamis, 04 Mei 2023 - 10:19 WIB
loading...
Ini Perbedaan Gerhana Bulan Penumbra dan Sebagian yang Perlu Diketahui
Perbedaan gerhan bulan penumbra dan sebagian. FOTO/ LC
A A A
JAKARTA - Ada beberapa perbedaan gerhana bulan penumbra dan sebagian. Gerhana bulan penumbra diprediksi akan terjadi di Indonesia 5-6 Mei 2023.



Gerhana bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, sehingga Bayangan Bumi jatuh di atas Bulan. Ada dua jenis gerhana bulan yaitu gerhana bulan penumbra dan gerhana bulan sebagian. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Perbedaan Gerhana Bulan Penumbra dan Sebagian (H2)

1. Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra terjadi ketika Bumi memasuki bayangan penumbra yang lebih lembut dan kurang gelap di sekitar bayangan inti.

Dalam gerhana bulan penumbra, Bulan hanya terlihat agak lebih gelap dari biasanya dan kehilangan beberapa kecerahannya, namun tidak sepenuhnya berubah menjadi gelap.

Hal ini terjadi karena hanya sebagian kecil bayangan Bumi yang jatuh di atas Bulan.

Gerhana bulan penumbra tidak terlalu spektakuler dan tidak terlalu mudah dilihat dari tanah.

2. Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian terjadi ketika Bumi memasuki bayangan inti, yang lebih gelap dan tegas. Dalam gerhana bulan sebagian, Bulan terlihat seperti terpotong atau hanya terlihat sebagian dari permukaannya terlihat gelap.

Gerhana bulan sebagian terlihat lebih dramatis dan spektakuler dari gerhana bulan penumbra, dan bisa dilihat dengan jelas dari banyak tempat di seluruh dunia.

Keduanya terjadi karena pergeseran posisi Bumi, Matahari, dan Bulan, namun pada gerhana bulan penumbra, hanya sebagian bayangan Bumi yang jatuh di atas Bulan, sedangkan pada gerhana bulan sebagian, Bayangan inti Bumi yang lebih gelap dan tegas yang jatuh di atas Bulan.

Demikianlah perbedaan antara gerhana bulan penumbra dan gerhana bulan sebagian.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)