Mengerikan, Sekujur Tubuh Pria Ini Dipenuhi Telur Cacing Pita

Kamis, 04 Mei 2023 - 22:39 WIB
loading...
Mengerikan, Sekujur Tubuh Pria Ini Dipenuhi Telur Cacing Pita
Hasil rontgen menunjukkan telur cacing pita ada di sekujur tubuh pria asal Brasil. Foto: dok Odditycentral
A A A
BRASIL - Dokter asal Brasil bernama Vitor Borin de Souza bikin gempar media sosial setelah mengunggah hasil rontgen seorang pria yang menderita sistiserkosis , di mana tubuhnya penuh dengan telur cacing pita yang mengalami pengerasan /terkalsifikasi.

Sistiserkosis adalah infeksi cacing pita yang memengaruhi otak, otot, dan jaringan lain. Infeksi itu menyebar melalui kontak dengan cacing pita yang terinfeksi kotoran manusia.

Termasuk juga makanan yang terkontaminasi, air, dan tangan kotor adalah sumbernya. Sistiserkosis dapat menyebabkan benjolan di bawah kulit.

Vitor Borin de Souza adalah dokter di Rumah Sakit das Clinicas di Botucatu, Sao Paulo, Brasil. Unggahannya di Twitter untuk menunjukkan betapa mengerikannya infeksi cacing pita.

Vitor menjelaskan bahwa bintik-bintik putih yang terlihat di seluruh bagian tengah tubuh dan lengan seorang pasien merupakan telur cacing pita yang terkalsifikasi.

Mengerikan, Sekujur Tubuh Pria Ini Dipenuhi Telur Cacing Pita

Mulanya, pasien yang datang untuk pemeriksaan itu batuk terus-menerus. Hasil rontgen ternyata membuka fakta yang mengerikan.
Untungnya, pasien tidak dalam kondisi bahaya. Sebab, semua telur cacing pita itu mengalami pengapuran atau tidak dapat hidup.

Dilansir dari Odditycentral, meskipun telur cacing pita atau cysticerci tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan pria itu, tapi hal tersebut menggemparkan media sosial di Brasil.

“Telur cacing pita ini terkalsifikasi, jadi bukan sistiserkus yang dapat hidup," jelas Vitor di Twitter.

Kasus sistiserkosis terbilang cukup langka di Brasil. Kasus sistiserkosis biasanya terjadi pada inang perantara cacing pita, yang biasanya terjadi pada babi, sapi, dan terkadang manusia pun bisa menjadi inang perantara.

Itu berarti hampir semua organ mereka bisa dihinggapi telur parasit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2591 seconds (0.1#10.140)