Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:25 WIB
Dijuluki Kupu-kupu Daun Mati, Kallima Inachus Punya Kamuflase Jempolan
Kupu-kupu Kallima Inachus mampu menggocek predator dengan kemampuan kamuflase jempolan. Foto: ist
JAKARTA - Soal kamuflase, Kallima inachus dijuluki oaklef atau kupu-kupu daun mati (dead leaf) bukan tanpa alasan. Sebab, tampilannya benar-benar tidak bisa dibedakan dengan daun kering, memudahkannya mengecoh predator.

Kamuflase merupakan metode yang memungkinkan organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya.

Kallima inachus punya kamuflase atau penyamaran yang memungkinkannya terlihat persis seperti daun musim gugur yang kering ketika sayapnya tertutup. Lengkap dengan bentuk, pelepah, dan bahkan urat-uratnya. Tampilan daun tersebut bahkan berubah seiring musim.

Dijuluki Kupu-kupu Daun Mati, Kallima Inachus Punya Kamuflase Jempolan

Fenomena ini dikenal sebagai polifenisme, yang menjelaskan bagaimana karakteristik atau ciri berbeda dapat muncul pada satu spesies dalam kondisi lingkungan yang berbeda.

Menariknya lagi dan jadi pembeda dengan hewan lain, sayap kupu-kupu tersebut ketika terbuka ternyata sangat cantik. Memiliki pola warna bercahaya.

Kallima inachus berasal dari Asia Tropis, mulai India hingga Jepang. Di Asia Tenggara, kupu-kupu itu juga ditemukan di Laos, Taiwan, Vietnam, dan Thailand.

Nah, berikut adalah 5 hal yang perlu diketahui tentang kupu-kupu daun mati Kallima inachus:

1. Kamuflase dan Mimikri
Dijuluki Kupu-kupu Daun Mati, Kallima Inachus Punya Kamuflase Jempolan

Kupu-kupu daun mati Kallima inachus dikenal karena kemampuannya untuk menyerupai daun layu atau kering dengan sangat akurat. Ini memungkinkan kupu-kupu tersebut terlihat seperti daun kering di atas ranting atau di tanah, sehingga membuatnya sulit dikenali oleh predator. Selain itu, Kallima inachus juga memanfaatkan pola dan warna pada sayapnya untuk meniru tampilan daun yang bertekstur.

2. Habitat dan Distribusi Geografis

Kupu-kupu daun mati Kallima inachus dapat ditemukan di beberapa wilayah di Asia, termasuk India, Nepal, Bhutan, Myanmar, Thailand, Laos, dan Cina Selatan. Habitat alami kupu-kupu ini adalah di hutan tropis dan sub-tropis di wilayah tersebut.

3. Kebiasaan Makan

Kupu-kupu daun mati Kallima inachus adalah hewan herbivora yang umumnya makan dedaunan. Spesies ini terutama ditemukan pada tumbuhan dari keluarga Acanthaceae dan Urticaceae.

4. Siklus Kehidupan

Siklus hidup kupu-kupu daun mati Kallima inachus melibatkan empat tahap yaitu telur, larva, kepompong, dan kupu-kupu dewasa.
Telur diletakkan pada ujung daun oleh induk betina dan menetas menjadi larva yang makan daun tumbuhan inang. Setelah beberapa minggu, larva berubah menjadi kepompong, dan kemudian setelah beberapa waktu, kupu-kupu dewasa keluar dari kepompong.

5. Pelestarian

Kupu-kupu daun mati Kallima inachus adalah spesies yang terancam oleh perusakan habitat alami dan pengambilan tumbuhan inang oleh manusia. Selain itu, pembukaan lahan untuk pertanian dan industri juga mempengaruhi kelangsungan hidupkupu-kupuini.