Jalan Kuno Berusia 7.000 Tahun Lalu Ditemukan di Dasar Laut Mediterania

Kamis, 11 Mei 2023 - 07:06 WIB
loading...
Jalan Kuno Berusia 7.000 Tahun Lalu Ditemukan di Dasar Laut Mediterania
Seorang penyelam meneliti kondisi jalan berusia 7.000 tahun yang ada di lepas pantai Pulau Korcula. FOTO/ science alert
A A A
NEW YORK - Arkeolog menemukan jalan yang dibangun 7.000 tahun lalu di dasar laut mediterania. Kok bisa di bawah laut?



Mate Parica, arkeolog dari Universitas Zadar, Kroasia berhasil menemukan jalan kuno dari zaman batu yang diyakini dibangun pada 7.000 tahun lalu. Uniknya jalan tersebut justru ditemukan di dasar laut mediterania.

Tepatnya berada di bawah lapisan lumpur laut di lepas pantai selatan Kroasia. Jalan kuno itu diyakinimerupakan jalan penghubung antara Korcula dan Soline. Kedua tempat itu adalah pulau buatan yang jadi rumah dari masyarakat budaya kuno di Hvar.

Mate Parica disebutkan Daily Mail menemukan jalan berusia 7.000 tahun lalu saat menganalisa gambar satelit dari air di sekitar Soline, situs neolitik yang sekarang terendam. Diketahui keberadaan Soline ditemukan pada tahun 2021 di lepas pantai pulau Korcula, Kroasia.

Saat gambar dianalisa, Mate Parica sadar ada sesuatu yang aneh di dasar laut. Dia kemudian bersama teman-temannya melakukan penyelaman untuk melihat langsung keanehan tersebut.

Pada kedalaman 4 hingga 5 meter di Laut Adriatik Mediterania, mereka menemukan dinding batu yang mungkin pernah menjadi bagian dari pemukiman kuno. Dinding batu tersebut tidak hancur dari tekanan air laut karena kondisi yang sangat unik.

"Hal yang beruntung daerah ini tidak seperti kebanyakan bagian Mediterania. Wilayah iniaman dari gelombang besar karena banyak pulau melindungi pantai," kata Mate Parica.

"Hal itu tentu saja membantu melestarikan situs tersebut dari kerusakan alam," sambungnya.

Kondisi jalan yang ditemukan itu memang masih cukup bagus. Jalan tersebut memiliki lebar sekitar 4 meter dan dibangun dari lempengan batu yang ditumpuk dengan hati-hati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)