5 Jam Bertugas di Luar ISS, 2 Astronot Rusia Berhasil Aktifkan Radiator Pendingin

Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:10 WIB
Selama 5 jam bertugas di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dua astronot Rusia Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin berhasil mengaktifkan radiator pendingin. Foto/NASA TV/Space
MOSKOW - Selama 5 jam bertugas di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) , dua astronot Rusia Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin berhasil mengaktifkan radiator pendingin. Dalam misi spacewalk ketiga dan terakhir ini, mereka bekerja sekitar satu jam lebih cepat dari yang direncanakan.

Komandan Ekspedisi 69 Sergey Prokopyev dan insinyur penerbangan Dmitry Petelin, keduanya dari perusahaan antariksa federal Rusia Roscosmos. Mereka berhasil mengerahkan penukar panas sebagai tugas utama selama 5 jam 14 menit dalam aktivitas ekstra kendaraan (EVA) di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Jumat 12 Mei 2023.

Dikutip dari laman Space, Sabtu (13/5/2023), misi spacewalk ini adalah yang ketiga dan terakhir dalam rangkaian aktivitas untuk melengkapi bagian luar modul laboratorium serbaguna Nauka Rusia dengan radiator dan airlock. Kedua komponen percobaan ini diluncurkan dengan modul penelitian mini Rassvet di atas pesawat ulang-alik NASA Atlantis 13 tahun lalu.

Setelah membuka palka airlock pada modul Poisk dan keluar dari stasiun, Prokopyev dan Petelin berjalan ke modul Nauka untuk melepas sisa pengekangan yang menahan radiator tertutup. Saat bautnya dilonggarkan, radiator mulai terbuka sepenuhnya.

“Radiator dikerahkan,” kata Prokopyev beberapa saat kemudian, setelah menggunakan tuas untuk memanjangkan sayap tiga panel sepenuhnya.

Dengan perangkat keras terpasang, kedua spacewalker mulai membuka set katup pertama untuk mulai mengisi radiator dengan cairan pendingin. Sebuah proses yang secara total diperkirakan memakan waktu sekitar dua jam.

Sambil menunggu cairan pendingin mengalir ke radiator, Prokopyev dan Petelin memasang dua spanner celah pada European Robotic Arm (ERA). Manipulator itu sebelumnya digunakan untuk memindahkan radiator dan airlock dari Rassvet ke Nauka selama perjalanan ruang angkasa pada 18 April dan 3 Mei.

Kedua kosmonot itu juga menyelesaikan beberapa tugas untuk perjalanan ruang angkasa di masa depan. Di antaranya, memasang sepasang pegangan tangan yang menghubungkan laboratorium Nauka ke simpul dok Prichal.

Prokopyev dan Petelin kemudian membuka katup set kedua untuk menyelesaikan pemuatan cairan pendingin ke radiator. Tanpa adanya kebocoran yang dilaporkan, pengendali penerbangan Rusia dapat mengonfirmasi bahwa radiator telah berhasil diintegrasikan ke dalam sistem kontrol termal Nauka.

Para spacewalker kemudian mulai membersihkan area kerja mereka untuk kembali ke dalam, setelah menyelesaikan semua tugas yang ditetapkan untuk mereka sekitar satu jam lebih cepat dari yang direncanakan. Setelah membuang handuk yang digunakan untuk menyeka pakaian antariksa berisi cairan pendingin yang salah, Prokopyev dan Petelin mengakhiri perjalanan antariksanya.

Prokopyev, sekarang telah menghabiskan 42 jam 16 menit selama enam kali misi spacewalks. Petelin telah menyelesaikan empat perjalanan spacewalk, mencatat waktu 26 jam 45 menit di luar stasiun. Ini merupakan misi spacewalk keenam tahun ini dan ke-263 yang didedikasikan untuk perakitan dan pemeliharaan Stasiun Luar Angkasa Internasional.