Ilmuwan Temukan Fosil Monster Laut Jurassic, Panjang 15 Meter Bergigi Belati

Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:49 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Fosil Monster Laut Jurassic, Panjang 15 Meter Bergigi Belati
Ilmuwan menemukan bukti monster laut periode Jurassic Akhir yang dapat tumbuh sepanjang 15 meter dan memiliki gigi seukuran pisau belati. Foto/University of Portsmouth/Live Science
A A A
LONDON - Ilmuwan menemukan bukti monster laut periode Jurassic Akhir yang dapat tumbuh sepanjang 15 meter dan memiliki gigi seukuran pisau belati. Makhluk itu diyakini sejenis pliosaurus, predator menakutkan yang memiliki tengkorak besar, gigi raksasa, dan kekuatan gigitan yang lebih kuat daripada Tyrannosaurus Rex.

Fosil bukti keberadaan monster laut Jurassic ditemukan secara kebetulan di salah satu museum Inggris . Keempat tulang tersebut adalah tulang belakang dari spesies predator Jurassic yang tidak diketahui yang disebut pliosaurus.

Dari fosil itu menunjukkan bahwa makhluk bergigi belati dapat tumbuh dua kali ukuran orca (Orcinus orca) dan secara drastis merevisi perkiraan sebelumnya untuk skala monster prasejarah. Para peneliti menerbitkan temuan mereka pada 10 Mei di jurnal Proceedings of the Geologists' Association.



“Sungguh luar biasa untuk membuktikan memang ada spesies pliosaurus yang benar-benar raksasa di laut Jurassic Akhir,” kata David Martill, seorang profesor paleobiologi di University of Portsmouth di Inggris, Sabtu (13/5/2023).

Martill menemukan tulang-tulang itu saat melihat-lihat fosil di Abingdon County Hall Museum di Inggris. Setelah menemukan tulang belakang yang besar, dia diberi tahu oleh kurator museum bahwa ada tiga lagi yang disimpan.

Fosil yang berasal dari Formasi Kimmeridge Clay ini awalnya ditemukan selama penggalian di Warren Farm di Oxfordshire. Mereka digali dari deposit bertanggal sekitar 152 juta tahun yang lalu selama Jurassic akhir.

Dengan pemindaian laser pada fosil, Martill dan rekan-rekannya memperkirakan ini milik monster laut menakutkan yang membentang dari panjang sekitar 9,8 meter hingga 14,4 meter. Ukuran ini, menjadikan pliosaurus merupakan monster terbesar zaman Jurassic yang pernah ditemukan.



Sebelumnya, salah satu pliosaurus terbesar yang diketahui adalah Kronosaurus (Kronosaurus queenslandicus), yang tumbuh dengan panjang antara 10 meter hingga 11 meter. Pliosaurus adalah predator terbesar lautan selama periode Jurassic (201 hingga 145 juta tahun yang lalu).

Pliosaurus memburu mangsa dengan menelusuri lautan menggunakan empat sirip yang kuat seperti dayung. Pliosaurus kemungkinan adalah predator penyergap, melompat keluar dari air yang dalam dan gelap dan menusuk dengan gigi setajam belati, dan lebih kuat dari gigitan Tyrannosaurus rex.

“Kami tahu pliosaurus ini adalah hewan yang sangat menakutkan yang berenang di laut yang menutupi Oxfordshire 145-152 juta tahun lalu. Mereka berada di puncak rantai makanan laut dan mungkin memangsa ichthyosaurus, plesiosaurus berleher panjang, dan bahkan mungkin buaya laut yang lebih kecil,” kata Martill.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)