Berlangsung 3 Tahun, Ini Ledakan Kosmik Terbesar di Alam Semesta

Senin, 15 Mei 2023 - 19:31 WIB
Berlangsung 3 Tahun, Ini Ledakan Kosmik Terbesar di Alam Semesta
Para astronom merekam ledakan kosmik terbesar yang terjadi di alam semesta yang dijuluki Scary Barbie. Foto/IFLscience
WASHINGTON - Para astronom merekam ledakan kosmik terbesar yang terjadi di alam semesta yang dijuluki "Scary Barbie". Ledakan kosmik ini menghasilkan cahaya yang sangat terang dan berlangsung sangat lama, sekitar 3 tahun.

Peristiwa ini dilaporkan dalam Studi Monthly Notices of the Royal Astronomical Society yang disampaikan dua kelompok independen. Dalam makalahnya mereka mendefinisikan ledakan itu sebagai AT2021lwx, atau dikenal sebagai ZTF20abrbeie.

Dalam studi itu dijelaskan peristiwa tersebut merupakan sebuah bintang yang terkoyak oleh lubang hitam supermasif atau dikenal dengan fenomena gangguan pasang surut (tidal disruption). Scary Barbie tiga kali lebih terang dari peristiwa gangguan pasang surut (tidal disruption) paling terang yang pernah tercatat.

Makalah kedua berpendapat bahwa lubang hitam supermasif tidak merobek dan memakan bintang sekitar 15 kali massa Matahari. Melainkan memakan awan gas yang lebih masif sekitar 1.000 kali lebih berat dari Matahari.

“Awalnya, kami mengira ledakan ini bisa jadi akibat lubang hitam yang memakan bintang yang lewat. Tetapi ternyata lubang hitam ini menelan 15 kali massa Matahari sehingga sangat terang,” kata Dr Matt Nicholl dari Queen University Belfast dikutip SINDOnews dari laman IFLScience, Senin (15/5/2023).

Keunikan Scary Barbie bukan hanya soal energi yang dipancarkan begitu terang, tapi juga durasinya yang lama sekitar tiga tahun. Biasanya peristiwa supernova atau gangguan pasang surut hanya terlihat selama beberapa bulan dan tidak secerah ini.

“Menemui bintang sebesar itu sangat jarang. Banyak lubang hitam masif dikelilingi oleh gas dan debu dan kami masih mencoba mencari tahu mengapa lubang hitam ini mulai makan dengan sangat cepat dan tiba-tiba,” ujar Nicholl.

Bahkan peristiwa sementara yang bisa seterang ini, seperti semburan sinar gamma paling terang baru-baru ini GRB 221009A (yang sebenarnya lebih terang), berlangsung selama beberapa menit, bukan bertahun-tahun.

Satu-satunya objek yang setara adalah quasar, keadaan lubang hitam supermasif yang memakan aliran gas. Mereka adalah objek paling terang di alam semesta

“Dengan quasar, kami melihat kecerahan berkedip-kedip seiring waktu. Tapi melihat ke belakang lebih dari satu dekade tidak ada deteksi AT2021lwx, lalu tiba-tiba muncul dengan kecemerlangan benda paling terang di alam semesta, yang belum pernah terjadi sebelumnya,”

Menurut Profesor Mark Sullivan dari University of Southampton mungkin Scary Barbie adalah awal dari fase quasar. “Scary Barbie yang menakutkan terus bersinar dan diamati, jadi kita bisa mengharapkan lebih banyak penelitian untuk mencoba menjelaskan peristiwa kosmik yang ekstrem ini,” katanya.