Kamis, 23 Juli 2020 - 13:01 WIB
Pertanyaan Besar dan Jawabannya tentang Keistemewaan Komet Neowise
Gambar di sebelah kiri menunjukkan cahaya yang dipantulkan dari debu komet, sedangkan gambar di sebelah kanan menunjukkan cahaya yang dipancarkan oleh atom natrium. Foto/Jeffrey Morgenthaler/Carl Schmidt/Planetary Science Institute
JAKARTA - Komet Neowise tengah melintasi Bumi dan sebagian besar penduduk Bumi, termasuk rakyat Indonesia bisa menikmatinya. Tapi apa yang membuat komet ini begitu istimewa? (Baca juga: Jangan Lupa, Mulai Sore hingga Malam Nanti Anda Bisa Menikmati Komet Neowise )

Menurut Joe Masiero, Wakil Penyelidik Utama NEOWISE (Survei Objek Luas Bidang Inframerah Dekat-Bumi Objek NASA) Explorer, teleskop luar angkasa NASA yang pertama kali melihat komet, Komet Neowise melakukan pendekatan terdekat ke Matahari pada 3 Juli 2020.

Salah satu detail paling menarik tentang Komet NEOWISE adalah bahwa komet inin tidak akan kembali ke langit kita selama 6.800 tahun lagi. Tapi itu bukan satu-satunya hal yang membuat batu dingin ruang angkasa ini begitu istimewa.

Secara resmi dikenal sebagai C/2020 F3, Comet Neowise adalah sebuah komet yang ditemukan pada 27 Maret 2020, oleh teleskop NEOWISE, perburuan asteroid di akhir misi Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE).
Pertanyaan Besar dan Jawabannya tentang Keistemewaan Komet Neowise

Komet, sering dijuluki "bola salju kosmik" merupakan benda es yang terbuat dari es, batu, dan debu. Benda-benda ini mengorbit Matahari, dan ketika mereka menyelinap lebih dekat ke matahari, sebagian besar komet memanas dan mulai mengalirkan dua ekor, yang satu terbuat dari debu dan gas dan "ekor ion" yang terbuat dari molekul gas bermuatan listrik atau ion.

1. Dapatkah Kita Melihatnya?
Iya! Karena sangat cerah, komet bisa terlihat di langit malam dengan mata telanjang. Pengamat langit di Belahan Bumi Utara dapat melihat objek tepat setelah matahari terbenam, ke barat laut tepat di bawah rasi bintang Biduk.

Faktanya, komet itu sangat terang sehingga para ilmuwan bisa mendapatkan lebih banyak data daripada yang biasanya. Ilmuwan dapat mempelajarinya dengan berbagai teleskop yang berbeda dan itu akan memungkinkan mereka untuk melakukan studi yang sangat menarik.

2. Seperti Apa di Langit?
Bagi mereka yang melihat komet dengan mata telanjang, tanpa alat atau instrumen seperti teleskop, itu tampak seperti bintang fuzzy dengan sedikit ekor. Namun Anda harus menjauh dari kebisingan lampu perkotaan.
Pertanyaan Besar dan Jawabannya tentang Keistemewaan Komet Neowise

Dengan teropong atau teleskop kecil, komet akan lebih jernih dan ekornya akan lebih mudah dikenali.

3. Berapa Banyak Air di Dalam Komet?
Ada "sekitar 13 juta kolam renang Olimpiade air" di Comet Neowise, kata Emily Kramer, penyelidik tim sains untuk NEASAISE NEASA di Jet Propulsion Laboratory NASA. "Jadi itu banyak air," katanya lagi.

Lebih lanjut dikatakan, kebanyakan material komet setengahnya adalah air dan setengah lagi debu.

4. Komet Memiliki Dua Ekor
Saat sebuah komet mendekati Matahari, dia menghangat dan material menarik diri dari permukaan menjadi ekor. Seringkali, debu ditarik pergi bersama dengan gas dari es sublimasi (langsung dari padat menjadi gas). Ekor debu ini adalah jejak yang terlihat di sebagian besar gambar komet. Komet juga memiliki ekor ion yang terbuat dari gas terionisasi yang tertiup angin Matahari.