Inti Bumi Bocor Menyebabkan Bumi Setiap Tahunnya...

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:37 WIB
loading...
A A A
Guna memperkirakan banyaknya kandungan Helium-3 langka di lapisan inti dan melacak laju pertukaran Helium-3 antara inti dan mantel, para ilmuwan memodelkan helium melalui pendekatan sejarah Bumi.

Mereka terutama mempertimbangkan dua tahap kunci: pembentukan awal, ketika planet ini mengumpulkan helium, dan mengikuti pembentukan Bulan, setelah itu helium hilang.

Model tersebut menawarkan bukti bahwa sebuah objek sepertiga ukuran Bumi menghantam planet ini pada awal sejarahnya, sekitar 4 miliar tahun yang lalu.

Tabrakan itu akan melelehkan kembali kerak Bumi, memungkinkan sebagian besar helium terlepas. Gas terus keluar.

Para ilmuwan juga memperkirakan antara 10 teragram (1013 gram) hingga satu petagram (1015 gram) helium-3 bocor dari lapisan inti.

"Jumlah yang sangat besar ini, menunjukkan pembentukan Bumi di dalam nebula surya, di mana konsentrasi gas yang tinggi memungkinkannya menumpuk jauh di dalam planet ini," ujarnya.

Studi ini menambahkan petunjuk lebih lanjut misteri seputar pembentukan Bumi dan memberikan bukti tambahan pada teori bahwa planet kita terbentuk di dalam nebula surya.

Untuk memperkirakan kelimpahan Helium-3 purba di inti dan melacak laju pertukaran Helium-3 antara inti dan mantel, para ilmuwan memodelkan helium melalui sejarah Bumi.

Model tersebut menawarkan bukti bahwa sebuah objek sepertiga ukuran Bumi menghantam planet ini pada awal sejarahnya, sekitar 4 miliar tahun yang lalu.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)