Sosok Mirip Nyi Blorong Ternyata Sejak Lama Bersemayam di British Museum

Kamis, 25 Mei 2023 - 11:59 WIB
loading...
Sosok Mirip Nyi Blorong Ternyata Sejak Lama Bersemayam di British Museum
Museum di Inggris menyimpan artefak yang diyakini penggambaran sosok hantu berpakaian kerajaan berusia ribuan tahun. FOTO/ BM
A A A
LONDON - Penampakan Nyi Blorong wanita berpakaian kerajaan di laut Inggris beberapa pekan lalu, sejatinya bukan hal baru di Inggris. British Museum sendiri telah menemukan gambar hantu berpakaian kerajaan berusia ribuan tahun.

BACA JUGA - Mirip Nyi Blorong, Wanita Berpakaian Kerajaan Muncul di Laut Inggris

Gambar tersebut telah diidentifikasi pada tablet tanah liat Babilonia kuno yang dibangun sekitar 3.500 tahun yang lalu.

Gambar tersebut menampilkan hantu berpakai kerajaan dengan tangan terikat tali dan dituntun oleh seorang wanita yang sedang menarik tali.

Roh berjanggut kesepian yang dibawa ke alam baka dan kebahagiaan abadi oleh seorang kekasih.

Seperti dilansir dari The Guardian, separuh dari tablet tersebut hilang, dan separuh sisanya cukup kecil untuk muat di telapak tangan manusia.

Di sisi lain tablet, berisi instruksi tentang apa yang harus dilakukan jika hantu terus mengejar seseorang, yang membutuhkan pembuatan patung pria dan wanita.
Sosok Mirip Nyi Blorong Ternyata Sejak Lama Bersemayam di British Museum

"Ini adalah bagian dari panduan pengusir setan untuk menyingkirkan hantu yang tidak diinginkan dengan mengatasi rasa tidak enak tertentu yang membawa mereka kembali ke dunia orang hidup. Dalam hal ini, hantu yang sangat membutuhkan pendamping," demikian ujar laporan itu.

Dia terlihat berjalan dengan tangan terentang, pergelangan tangannya diikat dengan tali yang dibawa oleh seorang wanita, sementara teks yang menyertainya menggambarkan upacara yang akan dengan senang hati mengirim mereka ke dunia bawah.

Dr. Irving Finkel, kurator bagian Timur Tengah di British Museum mengatakan, bahwa tablet tersebut telah salah diuraikan sebelumnya.

Penampakan di luar nalar yang diyakini sebagai hantu terlihat di lepas pantai Inggris. Terlihat seorang wanita dengan menggunakan pakaian kerajaan (jika di Indonesia Nyi Blorong ) berjalan di atas laut

Seperti dilansir dari Daily Star, hal ini menyebabkan seorang wanita tercengang atas pemandangan menyeramkan itu.

Wanita yang menolak disebutkan namanya itu mengatakan dia melihat sosok menakutkan di pantai di Cleethorpes, Grimsby. Papan itu terlihat melayang jauh.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)