4 Keunggulan Jet Tempur F-16, Pesawat AS yang Jadi Incaran Ukraina

Selasa, 30 Mei 2023 - 13:53 WIB
loading...
4 Keunggulan Jet Tempur F-16, Pesawat AS yang Jadi Incaran Ukraina
Pesawat tempur F-16 dinilai punya banyak keunggulan yang dapat menyokong kekuatan Angkatan Udara Ukraina. Foto/US Air Force
A A A
JAKARTA - Permintaan jet tempur F-16 oleh para pejabat Ukraina pada sekutu Barat sebenarnya telah dimulai sejak setahun yang lalu. Namun, Amerika Serikat sebagai negara yang memproduksi jet tersebut menolak karena berpotensi meningkatkan konflik.

Dilansir dari laman New York Times, tetapi Presiden Biden beberapa waktu lalu berbalik arah dan mengizinkan penyediaan jet tempur tersebut. Termasuk untuk melakukan pelatihan bagi pilot Ukraina .

Keinginan Kyiv pada jet tempur F-16 tentulah bukan tanpa sebab. Pesawat andalan AS itu memang dinilai punya banyak keunggulan yang dapat menyokong kekuatan Angkatan Udara Ukraina.

Keunggulan Jet Tempur F-16


Berikut ini sejumlah keunggulan yang dimiliki Jet Tempur F-16, dari kemampuan manuver hingga persenjataan.

1. Punya Kemampuan Manuver yang Unggul

Dilansir dari laman Air Force AS, dalam peran pertempuran udara, kemampuan manuver dan radius tempur F-16 dapat melebihi semua potensi ancaman pesawat tempur.



Kemampuan manuver yang hebat dari pesawat ini disebabkan oleh saran dari mantan pilot kawakan, Kolonel John Boyd yang paham betul tentang teknologi pesawat tempur modern.

Boyd memperkirakan bahwa tipe pesawat tempur ringan adalah yang bisa bermanuver secara maksimal di udara. Sanran tersebut lalu diterapkan dalam F-16.

Setelah pesawat tersebut diproduksi oleh General Dynamic pada Oktober 1976, taktik manuver yang diciptakan Boyd pun diterapkan sebagai standar utama bagi para pilot tempur AS.

2. Membuat Pilot Punya Pandangan yang Luas

Kokpit dan kanopi berbentuk gelembungnya membuat pilot memiliki pandangan yang luas dan tanpa terhalang. Sudut sandaran kursi juga diperluas, dari yang biasanya hanya 13 derajat menjadi 30 derajat, sehingga meningkatkan kenyamanan pilot.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)