Peneliti Ungkap Rahasia Hidup Panjang Orang Jepang hingga 100 Tahun

Rabu, 07 Juni 2023 - 19:36 WIB
loading...
Peneliti Ungkap Rahasia Hidup Panjang Orang Jepang hingga 100 Tahun
Nenek berusia 100 tahun lebih. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Ilmuwan dari Universitas Kopenhagen mengklaim berhasil menemukan rahasia hidup panjang, hingga usia 100 tahun. Caranya, dengan mencampur bakteri dan virus spesifik pada usus.

Mereka menduga, campuran unik dari keduanya akan melindungi manusia dari penyakit dan akhirnya hidup panjang hingga usia 100 tahun. Siapa mau?

Joachim Johansen, penulis penelitian itu mengatakan, mereka mempelajari 176 centenarian orang Jepang, populasi langka yang mencapai 100 tahun atau lebih, dan menemukan pada diri mereka campuran bakteri dan virus itu.


"Semua memiliki campuran bakteri dan virus di saluran gastrointestinal (GI) mereka," katanya, dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/6/2023).

Studi ini menunjukkan bahwa virus spesifik di usus dapat menguntungkan microbiome di usus dan kesehatan manusia. Meski demikian, campuran keduanya tidak dapat mengubah genetik seseorang.

Para peneliti berspekulasi, mereka dapat mengubah bioma usus seseorang untuk memasukkan campuran unik.


"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, bahwa bakteri usus warga Jepang menghasilkan molekul baru yang membuat mereka resisten terhadap patogen, yaitu penyakit mikroorganisme," sambungnya.

Ternyata, rahasia hidup panjang orang Jepang adalah usus mereka terlindungi dari infeksi dan akhirnya hidup lama.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2926 seconds (0.1#10.140)