Sosok Sultan Kosen, Manusia Tertinggi Sedunia

Senin, 12 Juni 2023 - 16:28 WIB
loading...
Sosok Sultan Kosen, Manusia Tertinggi Sedunia
Menurut Guinness World Records, Sultan Kosen menjadi salah satu dari sepuluh orang yang tingginya lebih dari delapan kaki pada tahun 2009. Foto/wikipedia
A A A
JAKARTA - Menurut Guinness World Records, Sultan Kosen menjadi salah satu dari sepuluh orang yang tingginya lebih dari delapan kaki pada tahun 2009. Ini terjadi selama lebih dari dua dekade, sehingga Sultan Kosen disebut sebagai salah satu orang tertinggi di dunia dari Turki oleh Guinness World Record.

Sultan Kosen dicatat memiliki tinggi 246,5 cm (8 kaki 1 inci) dan dijuluki "Pria Tertinggi Di Dunia". Dua tahun kemudian, tinggi pria tertinggi di dunia diukur lagi di Ankara, Turki, dan tumbuh menjadi 251 cm (8 kaki 2,8 inci).

Sultan Kosen lahir 10 Desember 1982. Pada awalnya, pertumbuhan Sultan lancar. Namun, dia telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa sejak usia sepuluh tahun. Pria yang bekerja sebagai petani paruh waktu ini memiliki tinggi normal.



Pertumbuhan Sultan yang luar biasa ini disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut gigantisme hipofisis, yang disebabkan oleh produksi hormon pertumbuhan yang berlebihan. Hormon pertumbuhan ini dilepaskan dari kelenjar hipofisis otak.

Jika kelenjar ini rusak oleh tumor, kelenjar ini dapat melepaskan jumlah hormon yang berlebihan atau bahkan terlalu sedikit. Tangan menjadi besar, tulang menjadi tebal, dan persendian menjadi sakit adalah akibat dari produksi hormon yang berlebihan ini.

Sultan tidak pernah bisa menyelesaikan sekolah karena ukurannya yang aneh, dan dia malah mulai bekerja sebagai petani untuk menghidupi keluarganya. Sultan juga mengatakan bahwa memiliki tubuh tinggi ini bagus karena dia dapat membantu ibunya mengerjakan tugas rumah tangga seperti menggantung tirai dan mengganti bohlam lampu yang rusak.

Meskipun demikian, menjadi tinggi adalah salah satu kekurangannya. Sultan mengeluh karena tidak dapat menemukan pakaian atau sepatu yang tepat dan merasa sulit untuk masuk ke dalam mobil ukuran biasa.



Sultan Kosen pernah menjadi pemain basket Galatasaray saat masih remaja, tetapi dia menyayangkan tidak bisa bermain karena terlalu tinggi. Namun, Sultan masih menyukai olahraga hingga saat ini.

Selain pemegang rekor manusia tertinggi di dunia, Sultan Kosen juga memegang rekor tangan dan kaki terbesar di dunia. Tangannya berukuran 28,5 cm dari pergelangan tangan ke ujung jari tengah, sedangkan kakinya berukuran 36,5 cm (kaki kiri) dan 35,5 cm (kaki kanan).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)