Ini Spesifikasi Kapal Selam Wisata Titanic dengan Beragam Teknologi Canggihnya

Kamis, 22 Juni 2023 - 08:38 WIB
loading...
Ini Spesifikasi Kapal Selam Wisata Titanic dengan Beragam Teknologi Canggihnya
Spesifikasi Kapal Selam Wisata Titanic . FOTO/ INDIANTIMES
A A A
NEW YORK - Kapal selam wisata tenggelam saat menuju lokasi tenggelamnya kapal Titanic di laut dalam ternyata memiliki fitur-fitur canggih. Kapal Titan ini membawa lima orang penumpang kapal tersebut, hingga kini belum diketahui nasibnya.



Seperti dilansirkan dari Economictimes, Kamis (22/6/2023), kapal selam tersebut memiliki panjang hingga 21 kaki (6,4 meter) dan dirancang dengan kemampuan bertahan di bawah air selama 96 jam.

Dapat memuat lima orang, kapal ini dapat bergerak turun hingga ke kedalaman 4.000 meter di bawah permukaan laut dengan kecepatan tiga knot atau 5,5 kilometer per jam.

Kapal selam wisata biasanya membawa seorang pilot, tiga tamu yang membayar, dan apa yang oleh perusahaan disebut sebagai “ahli konten”. Setiap penyelaman penuh ke bangkai kapal, termasuk turun dan naik, dilaporkan memakan waktu sekitar delapan jam.
Ini Spesifikasi Kapal Selam Wisata Titanic dengan Beragam Teknologi Canggihnya

Situs web OceanGate mencantumkan tiga kapal selam yang dimilikinya, dan hanya Titan yang mampu menyelam cukup dalam untuk mencapai reruntuhan Titanic.

Kapal berbobot 23.000 lbs (10.432 kg) dan, menurut situs web, dapat mencapai kedalaman hingga 13.100 kaki dan memiliki 96 jam dukungan hidup yang tersedia untuk lima awak.

David Pogue, seorang reporter CBS yang melakukan perjalanan dengan kapal selam Titan tahun lalu, mengatakan kepada BBC tentang masalah yang mungkin dialami oleh awak kapal selam dan awak darat, mengatakan bahwa saat ini “tidak ada cara” untuk berkomunikasi dengan kapal tersebut. karena baik GPS maupun radio tidak “berfungsi di bawah air”.

“Ketika kapal pendukung berada tepat di atas kapal selam, mereka dapat mengirim pesan teks pendek bolak-balik. Jelas itu tidak lagi mendapat tanggapan,” kata Pogue.

Dia menambahkan bahwa karena penumpang disegel di dalam kapal dengan baut yang dipasang dari luar, “Tidak ada cara untuk melarikan diri, bahkan jika Anda naik ke permukaan sendiri. Anda tidak dapat keluar dari kapal selam tanpa awak di luar yang membukakan Anda untuk keluar.”

Namun berdasarkan buku katalog OceanGate, Titan juga dilengkapi dengan pencahayaan canggih dan sistem navigasi sonar untuk mendeteksi tempat dengan suara ultrasonik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)